Minggu, 09 Desember 2012

Komikus Indonesia, Akhirnya Debut di Jepang!


"Ternyata, negeri ini masih harum!!"

Begitulah. Setelah negeri ini diguncang berita gak sedap hampir setiap detiknya? Mungkin judul di atas akan sedikit membuat napas kita lega. Bahwa ternyata anak bangsa yang mampu mengharumkan nama Indonesia itu...?? Masih ada. Dan jumlahnya sendiri? Alhamdulillah, pun tak sedikit.

Dan diantara yang tak sedikit itu? Terselip nama Vivian, seorang mantan dokter berusia 33 tahun dari Indonesia yang berhasil melakukan debutnya di Jepang sebagai pengarang komik. Dan menurut informasi yang gue dapet dari berbagai sumber, disebutin kalo Dokter Vivian ini merupakan tokoh yang tergolong orang Indonesia pertama yang mampu mempublikasikan komik dalam bahasa Jepang.

Menurut berbagai sumber, Vivian yang fasih dalam 5 bahasa ini, setelah mendapat ijin dokter di Irlandia, ternyata mengundurkan diri dari pekerjaannya, lalu memilih jalan menjadi pengarang komik di Jepang karena dia sangat menyukai komik Jepang seperti Doraemon. Dia belajar di sebuah sekolah komik di Jakarta terlebih dahulu, lalu pindah ke Jepang untuk membenahi teknik komik di bawah bimbingan Kenjirou Hata*. Saat ini dia sudah kembali ke Indonesia lagi dan tetap melakukan kegiatan sebagai pengarang komik di sana.

*Kenjirou Hata adalah seorang pengarang komik terkemuka di Jepang. Salah satu karyanya yang berjudul “Hayate the combat butler” sudah diterbitkan sampai 30 seri sejak tahun 2004 dan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing termasuk bahasa Indonesia. Jumlah oplahnya sudah mencapai 10 juta eksemplar (kemungkinan angka ini dicatat hanya di dalam negeri Jepang).


Karya debut Vivian di Jepang berjudul "Siswa-siswi Bebas Perbatasan". Karya ini dipublikasikan dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Jepang, Indonesia dan Inggris. Terjemahannya dilakukan oleh penulis sendiri yang memiliki kemampuan berbahasa yang luar biasa itu. Berikut garis besar isi cerita komik tersebut:

Hajime Tomono 15 tahun, anak Jepang biasa yang masuk sekolah berasrama internasional. Di sekolah ini terdapat siswa-siswi dari 50 negara lebih. Apakah Hajime dapat menang melawan serangan kebudayaan asing!? Proyek perdana penerbitan bersamaan dalam 3 bahasa: Jepang, Inggris, dan Indonesia! Komedi kebudayaan yang dihantarkan oleh murid kesayangan Kenjirou Hata sensei!!

(dikutip dari: http://club.shogakukan.co.jp/magazine/SH_CSNDY/kokkyounak_003/detail)

Dan begitulah. Ternyata? Diantara buanyaknya berita miring soal negeri ini pun, Tuhan masih menunjukkan kebaikan-Nya dengan menyelipkan keharuman demi keharuman yang coba di perkenalkan anak bangsa ini melalui karya dan sumbangsih mereka. Sumbangsih yang mengatasnamakan sebuah bangsa. Bangsa kita : INDONESIA.

Semoga kita -yang mengaku- sebagai anak (yang mencintai) negeri ini pun kelak akan di dampingi-Nya dalam rangka mengharumkan nama negeri ini suatu ketika.

Semoga :)

Sumber :

1. http://club.shogakukan.co.jp/magazine/SH_CSNDY/kokkyounak_003/detail
2. http://news.searchina.ne.jp/disp.cgi?y=2011&d=1201&f=national_1201_084.shtml (foto Vivian dikutip dari artikel ini)
3. http://togetter.com/li/210434
4. http://www.facebook.com/people/Vivian-DrVee/100002393698088
5. http://ja.wikipedia.org/wiki/%E3%83%8F%E3%83%A4%E3%83%86%E3%81%AE%E3%81%94%E3%81%A8%E3%81%8F


6. http://jepang-iwanfals.blogspot.jp/2011/12/pengarang-komik-indonesia-akhirnya.html (sumber utama artikel ini)

Artikel ini di tulis ulang dan dimodifikasi oleh :



Fuad Suyatman, Ch. M.

Hypnoblogger, Hypnographolog and Hypnolove Master in


1. King Of Mind
(http://seratdakwah.blogspot.com/2012/04/king-of-mind.html)

2. Ztrongmind
(http://www.ztrongmind.net)
and

3. Relax's Mind

(http://www.facebook.com/groups/288023281266070/http://www.facebook.com/groups/288023281266070/)

Surakarta

0 komentar:

Posting Komentar