Kamis, 08 Desember 2011

ISLAM & KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA

Islam sangat menganjurkan umatnya untuk bekerja. Dan bekerja mestilah dilakukan dengan niat semata-mata karena Allah untuk mendapat kebahagian hidup berupa rezeki di dunia, disamping tidak melupakan kehidupan hari akhirat. Kerana itu dalam Islam hendaklah menjadikan kerja sebagai ibadah bagi keberkatan rezeki yang diperolehnya, lebih-lebih lagi sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan di akhirat yang kekal abadi. Sebagaimana dalam Firman Allah dalam Surah Al - Qasas Ayat 77 ;

Artinya ; “ Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik padamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

Begitu juga, Islam memerintahkan kita melakukan sesuatu kerja dengan cara yang sebaik-baiknya dengan mengutamakan menjaga keselamatan dan kesehatan. Ini menepati firman Allah dalam Surah Al Baqarah ayat 195 berbunyi ;

Maksudnya : “Dan infakkanlah (hartamu) dijalan Allah dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”.

Melihat firman Allah seperti diatas, kami ingin berbagi. Dengan saling mengingatkan, bahwa Allah swt sesungguhnya tidak menghendaki adanya kerusakan dimuka bumi ini. Segala sesuatunya yang diciptakan Allah swt diberikan kepada manusia untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dan manusia sebagai mahluk yang diberi akal dan kemampuan dari semua mahluk hidup ciptaanNya diberi peringatan untuk tidak melakukan kerusakan dengan perbuatannya (perilakunya tidak aman) dimana dengan berperilaku tidak aman tersebut akan menciptakan kondisi yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun terhadap orang lain dan juga terhadap kelangsungan hidup ciptaanNya yang lain (lingkungan hidup).

Hal tersebut semua diawali karena perilaku individu maupun kelompok yang tidak aman hingga membuat suatu kondisi atau lingkungan menjadi rusak, seperti :

Terjadi Longsor, banjir, perubahan iklim dan cuaca (climate change), penyakit, dan musibah alam lainnya.

Bukankah Allah swt telah menciptakan semua yang ada dijagad raya ini dengan keseimbangan yang baik. Namun karena keserakahan, kesaliman, dan kemaksiatan manusia yang membuat kondisi alam menjadi tidak seimbang. Bencana yang dirasakan sekarang ini hanya sebagai teguran dan cobaan bagi umatnya. Teguran, bagi umatnya yang tidak beriman, yang telah melakukan kerusakan, dan cobaan bagi umatnya yang beriman.

Mengamalkan sikap yang baik dan dijauhi serta dihindari dari segala malapetaka.

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ،

Maksudnya : " Dan jika Allah mengenakan (menimpa) engkau dengan bahaya bencana, maka tidak ada sesiapapun yang dapat menghapusnya melainkan Dia sendiri dan jika ia mengenakan (melimpahkan) engkau dengan kebaikan, maka ia adalah Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu. ( Surah al-An'am ayat : 17)

Islam adalah agama yang sangat menjunjung tinggi keselamatan bagi pemeluknya. Islam dalam Al qur’an dan hadist melarang umat untuk membuat kerusakan jangankan kerusakan itu terjadi pada lingkungan, terhadap diri sendiri saja Allah melarangnya. Banyak contoh seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Jelas menganiaya diri sendiri, berperilaku tidak aman dan sehat serta menjaga Lingkungan tetap aman dan sehat, adalah terjemahan dari segala larangan Allah swt baik, yang termaktup dalam Alquran maupun hadist. Dengan berperilaku yang aman dan sehat kita akan menjaga lingkungan hisup kita, karena Allah swt menciptakan alam semesta ini untuk dijaga demi kemaslahatan seluruh umat manusia.

Hubungannya dengan islam adalah sama sama mengingatkan umat manusia agar senantiasa berperilaku (berpikir dan bertindak) yang aman dan sehat dalam bekerja ditempat kerja (dikantor, dipabrik, ditambang, dan dimana tempat anda bekerja). Dengan berperilaku aman dan sehat akan tercipta suatu kondisi atau lingkungan yang aman dan sehat. Dengan bekerja yang aman ditempat kerja, akan membawa keuntungan bagi diri anda sendiri maupun perusahaan tempat kerja anda. Perusahaan anda sehat andapun akan tenang dalam bekerja. Karena di situ tempat anda mencari nafkah. Anda bekerja untuk mencari nafkah, bukan bekerja untuk mendapat kecelakaan, penyakit dan masalah. Jadi mari kita mulai sekarang bekerja dengan SELAMAT.

Berpikir sebelum bertindak – Utamakan Keselamatan dalam bekerja.

Alangkah indahnya hidup ini jika kita berada dalam suatu kondisi atau lingkungan yang aman dan sehat. Kemana-mana kita tidak merisaukan akan bahaya yang mengancap baik jiwa maupun harta benda. Sebagaimana Allah swt awalnya menciptakan alam semesta ini dengan kondisi dan lingkungan yang aman. Namun karena nafsu umatnya membuat semua menjadikan kondisi menjadi tidak aman dan sehat.

Banyak ayat dalam Alquran untuk kita dianjurkan tuk senatiasa bekerja dengan menjaga keselamatan diri sendiri, keluarga, harta benda dan lingkungan hidup ini.

Karena ingin mendapatkan hasil atau keuntungan yang banyak dari apa yang diusahakan sehingga norma dan peringatan-peringatan akan keselamatan menjadi terlupakan. Karena ingin sesuap nasi ada orang yang mau bekerja mempertaruhkan nyawanya, karena kurang bersyukur dengan apa yang didapatkan ada orang melakukan hal yang menyimpang (kurupsi misalnya, mencuri, menipu dlsb) apa akibat dari perilaku tersebut ?

Berujung pada kesedihan, kesedihan tersebut bukan hanya dialami oleh pelaku tersebut namun dialami oleh keluarganya, dan orang lain, maupun lingkungan hidupnya. Seperti peribahasa karena nila setitik rusak susu sebelanga, karena perbuatan seseorang dapat merusak lingkungan sekitarnya. Karena perbuatan seseorang dalam sebuah kelompok maka rusaklah nama kelompok tersebut.

Jadi menjaga perilaku akan menjaga kondisi, dimana dalam suatu kondisi yang aman, sehat dan nyaman bukan hanya seorang yang merasakan kondisi tersebut tapi semua mahluk hidup ciptaanNya yang ingin merasakan lingkungan tersebut.

Hal diatas adalah gambaran secara global. Nah apakah anda sekarang sudah berperilaku yang aman dan sehat ditempat kerja anda ?

Menjaga perilaku yang  sehat ini tentu bukan hanya ditempat kerja, namun perilaku tersebut selayaknya dibawa dan diawali dari Rumah tangga, dijalan raya maupun dilingkungan rumah anda. Atau dilingkungan hidup lainnya.



dari berbagai sumber

1 komentar:

  1. Nice posting gan.
    Untuk buku2 Islami terbaru, bisa kunjung balik ke tempat saya, gan.
    honbookstore.com
    Jangan lupa tinggalkan jejak alias komen :)

    Salam kenal

    BalasHapus