Jumat, 16 Desember 2011

THE POWER OF DREAM (Ringkasan Buku Karya Danang A. Akbarona)



dirangkum oleh :
Fuad Suyatman, Ch. M.

Hypnoblogger, Hypnographolog and Hypnomotivator in

1. King Of Mind
(http://seratdakwah.blogspot.com/2012/04/king-of-mind.html)
2. Ztrongmind
(http://www.ztrongmind.net)
and
3. Relax's Mind
(http://www.facebook.com/groups/288023281266070/)
Surakarta


(Rahasia Kesuksesan Itu Berawal dari sebuah Mimpi)
-Danang A. Akbarona-


WALT DISNEY SUATU KETIKA PERNAH BERUJAR: “If You can dream it, you can do it


yup... Mimpi yang oleh sebagian besar manusia dianggap sebagai bunga tidur semata ternyata jika terkelola dengan baik maka akan menjadi semacam kekuatan bawah sadar yang Kekuatan pikiran ini oleh Jalaludin Rakhmad disebut Kekuatan imajinasi, sebuah kekuatan yang dipercaya mampu menggandakan keinginan kita sehingga menjadikan mimpi itu benar-benar jadi nyata

Pada saat demikian itu : mimpi --> yang telah bertransformasi menjadi kekuatan imajinasi memang sudah TIDAK LAGI BERADA DALAM RUANG BAWAH SADAR
karena disaat mimpi berubah menjadi kekuatan imajinasi itu kemudian menyebabkan mimpi itu mampu melampaui batas waktu. Hal ini sendiri MERUPAKAN SEBUAH PROSES KREASI RUANG KEMUNGKINAN YANG DIPERKUAT OLEH PROSES RASIONALISASI LOGIKA YANG ADA DI AKAL (ANIS MATTA,2002)

Oleh tiga serangkai penulis buku Kecerdasan Milyuner: Dimitri Mahayana, Agus Nggermanto, Khairul Ummah (DAK) dikatakan bahwa :

" Mimpi itu merupakan sebuah bentuk penjelmaan lain dari apa yang disebut Kecerdasan Aspirasi dimana Kecerdasan Aspirasi sendiri bermakna sebuah kecerdasan yang dimiliki manusia dalam mengenali dan mengelola keinginannya (yang dalam batasan yang longgar keinginan untuk meraih sesuatu selalu didahului oleh penciptaan mimpi."

"Mimpi dalam sudut pandang yang hampir serupa dikatakan sebagai sebuah tuntunan yang ditekankan banyak pakar motivasi dalam meraih sukses."

Maka dari itu, jika dikaitkan dengan kecerdasan impian ini? YANG DISEBUT SEBAGAI ORANG SUKSES ADALAH :
1. mereka yang (hidup dengan selalu) memiliki mimpi yang sangat besar.
2. orang yang selalu berfikir hal-hal yang besar
3. orang yang senantiasa bertindak layaknya orang besar (sukses), SERTA...
4. orang yang senantiasa mengiringi pemikiran dan tindakan mereka dengan sebuah kemantapan hati yang selalu menegaskan slogan : “If We Believe we can do, We can.”

Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa:
"Cara seseorang yang senantiasa berpikir positif akan memberinya semacam suntikan energi yang sangat luar biasa yang kelak akan mengantarkannya menuju tujuan yang diinginkan. Energi itu sendiri sering disebut the power of positive thinking."


BICARA MEREKA DAN IMPIANNYA.
disini ada 3 tipe manusia. tapi yang akan dibahas hanya type unggulan --> climber!

1. CLIMBER

Adalah mereka yang senantiasa meliputi diri mereka dengan pikiran dan mimpi besar maka mereka akan senantiasa tertantang untuk melewati berbagai rintangan yang cukup besar, hingga pada akhirnya... Mereka dapat dengan gemilang mencapai puncak perjalanan hidup. Puncak itulah yang sering disebut sukses.

selain itu ...

1. Climber adalah sebutan bagi mereka, manusia yang senantiasa berpikir BAHWA AKU BISA. (Presiden AS, Barack Obama mengistilahkan slogan ini dengan jargon terkenalnya : if we believe it, we can).

2. Oleh Paul Stoltz dalam bukunya yang berjudul “Adversity Quotient” (terbitan Grasindo,2002) adalah orang yang selalu merasa tertantang untuk menaklukan segala kesulitan dan rintangan demi mencapai puncak keberhasilan.

3. Para climber biasanya terlahir bersama semangat dan kekuatan mereka yang sangat prima dalam rangka mengelola emosi mereka dengan metode yang sangat hebat sehingga mampu menjadikan mereka tahan (kebal) terhadap aneka kesulitan dan tangguh serta setia (istiqamah) dalam rangka membela/memperjuangkan/meraih mimpi-mimpi mereka.

PARA PENGEJAR MIMPI


A. LOUIS PASTEUR
a. Ia merupakan penemu vaksin rabies dan beberapa vaksin lainnya yang tak kalah berguna bagi perikehidupan manusia.
b. Louise Pasteur adalah tipikal manusia yang dapat bangkit dari keterpurukan setelah kehilangan tiga anak perempuannya akibat suatu penyakit.

PELAJARAN A LA PASTEUR:
1. Ditengah kesedihannya yang mendalam, ia dengan gemilang mampu bangkit dari keterpurukannya itu dengan tetap dan terus bekerja mengejar mimpinya yang senantiasa ia tanam agar kelak ia mampu memberi sumbangsih bagi manusia dunia. Hasilnya? Ia berhasil menemukan beberapa jenis vaksin yang dapat menghindarkan manusia dari bencana penyakit yang kala itu tengah menggejala diseluruh dunia. Diantara vaksin itu : VAKSIN RABIES.

2. Ia pun terbukti mampu mengubah mimpi buruknya karena kehilangan ketiga puterinya menjadi sebuah energi mimpi yang mampu membangkitkan semangatnya dalam memberikan yang terbaik untuk kehidupan manusia. Hasilnya? IA BISA LAKUKAN ITU DENGAN CARA DAN HASIL SANGAT GEMILANG.

B. Albert Einstein
Ia merupakan manusia pengejar mimpi paling jenius abad 20 versi majalah Time. Padahal :
1. Ketika Enstein kecil, ia pernah dianggap oleh guru sekolah dasarnya sebagai murid yang amat bodoh, meski hal itu dibantah oleh ibunya dengan selalu marah dan membantah kenyataan akan statement itu.
2. Einstein juga pernah mengalami masalah ketika dirinya dinyatakan gagal dalam test yang ia lakukan demi memasuki universitas ETH Zurich yang menyebabkan dirinya “hanya” diterima setelah memenuhi syarat2 tertentu.
3. Dalam kuliah? Enstein merupakan mahasiswa yang perjalanan studinya begitu tertatih sehingga dosen matematikanya kala itu, Prof. Minkowsky menjuluki Einstein sebagai “anjing bodoh” karena kemampuannya yang dianggap sepadan dengan julukannya.

4. Namun pada akhirnya, berbekal semangat juang tinggi demi membalikkan semua perkataan buruk tentangnya, Einstein kemudian membuktikan bahwa ia bukanlah anjing bodoh melainkan ia adalah transformasi dari kegilaan mimpinya yang terbukti telah menjadikan dirinya sebagai seorang fisikawan terbaik sepanjang abad 20. Diantara teori-teori dan temuan dahsyat dan terkenal yang berhasil Einstein temukan antara lain:
a. Teori tentang persamaan atau kesetaraan antara massa dan energi
b. Teori relativitas, dan
c. Teori kuantum

ADAPUN KUNCI KESUKSESAN TRANSFORMASI EINSTEIN:
“Einstein senantiasa menanamkan rasa ingin tahu dan rasa penasaran dalam porsi sangat besar dalam rangka memotivasi dirinya dalam menghasilkan temuan hebat dibidang Ilmu pengetahuan."


c. Jet Li
Pria kelahiran tahun 1963 ini merupakan pengejar mimpi yang dihasilkan dari kerasnya kehidupan. Masa kecilnya yang ia lalui tanpa kehadiran sang ayah, ditambah dengan kemiskinan yang melanda diri dan keluarganya membuat dirinya mau tak mau harus makin keras.Lantas apa yang jadi modal Jet Li kala itu? WUSHU. Hanya itu modalnya.

KLIMAKS PERJALANAN MIMPI JET LI

Klimaks perjalanan mimpi Jet Li dimulai ketika kemiskinan semakin menenggelamkan diri dan keluarganya sehingga (bahkan) untuk sekedar membeli baju yang “layak” pun Jet Li dan keluarganya tak bisa melakukan hal itu.
Kemudian, ketika datang sebuah moment dimana ia (Jet Li) mendapat kesempatan untuk belajar wushu supaya dapat mendongkrak kualitasnya. Maka sejak saat itu, Jet Li pun menghiasi harinya dengan dan latihan wushu terus menerus dan dalam tingkatan yang serius.
Apa yang ia lakukan pun tidak sia-sia. Berbekal kemampuan wushunya yang semakin hari semakin meningkat ditambah sikap profesional yang juga ia junjung tinggi, akhirnya mampu melejitkan dirinya menjadi salah satu artis Hongkong (selain Jacky Chan) yang mamou mengguncang ranah Hollywood.
Penampilan dirinya dalam berbagai film seperti : Kungfu Master,Once upon Time in China dan sederet film lain mampu mengantarnya menjadi salah satu artis Hongkong paling sukses.

Kunci Kesuksesan Jet Li
:
1. Jet Li merupakan orang mampu mengubah kelemahannya yang bernama KEMISKINAN menjadi sebuah energi pelecut semangat yang kekuatannya sangat-sangat besar.
2. Jet Li, meski hanya memiliki satu keahlian yakni : kemampuan dirinya dalam olahraga beladiri bernama WUSHU yang kemampuan itu sendiri awalnya sangat-sangat standar dan belum terasah, namun Jet Li mampu melecut dirinya agar dapat terus meningkatkan semangat berlatih yang diiringi sikap profesional sehingga pada akhirnya kedua elemen sikap positif itu mampu membawa Jet Li menjadi salah satu artis Hongkong yang disegani di Hollywood.
3. Kunci sukses Jet Li : Kesulitan hidup + Mimpi+semangat+profesonalisme tinggi =
SUKSES BESAR


KESIMPULAN:


Untuk mengaktifkan kekuatan mimpi anda maka :
1. Mulailah membiasakan diri untuk berfikir besar --> Lanjutkan fikiran besar itu dengan sebuah aktifitas paling menyenangkan dalam pelatihan ini yaitu dengan mencoba BERMIMPI DENGAN IMPIAN TERGILA DAN TERBESAR ANDA. Kenapa?
2. Ketahuilah!! Jika Tuhan berkehendak, dan kehendak itu ternyata sama dengan apa yang kita impikan maka.... SELAMAT! KARENA IMPIAN ITU KELAK TAK LAGI JADI SEKEDAR MIMPI. MELAINKAN SEBUAH KENYATAAN YANG KELAK AKAN HADIR DALAM HIDUP ANDA. DI JAMIN! INSYA ALLAH. Namun tentu saja ada syarat untuk itu. APA?
1. Niatkan diri anda untuk bermimpi besar.
2. Mimpilah dengan impian tergila anda
3. Usahakan bangun malam,
4. Curhatlah kala itu pada Tuhan. Kenapa harus malam? Karena kala itu orang-orang yang meminta sekaligus curhat sama Tuhan relatif sangat sedikit. So, saingan anda untuk mendapatkan jawaban dari sang Boss-nya dunia akhirat semakin sedikit. Bukan ga mungkin khan? Curhat anda akan di dengar langsung n ga perlu lama untuk segera di – acc permintaan anda dalam curhat anda itu.

Then?

5. BERGERAKLAH! DO THE BEST!!


Kalo udah? Sante aja lah. Maksudnya.... Bukan santai dalam konotasi negatif melainkan santai dalam arti IKHLASIN AJA. BAHASA AGAMANYA? TAWAKKAL!!
Yupz.. Caranya tawakkal? Gampang!! TINGGAL IKHLASIN AJA APA YANG KELAK AKAN TERJADI. TOH ITU BUKAN LAGI WEWENANG KITA. MAKA BIARKAN TUHAN YANG KEMUDIAN MENUNJUK SANG ALAM UNTUK BEKERJA MENGOLAH MIMPI KITA. APAKAH AKAN MENJADI NYATA ATAU HANYA SEBATAS MIMPI?
KALO MASI MIMPI? ULANGI STEP PERTAMA TADI SECARA CONTINUE

sumber :
1. pengantar buku Kecerdasan Milyuner ( terbitan Ahaa, 2003)
2. Paul Stoltz dalam bukunya yang berjudul “Adversity Quotient” (terbitan Grasindo,2002)
3.BUKU : “BERANI GAGAL” KARYA BILLY P.S. LIEM

0 komentar:

Posting Komentar