Rabu, 07 Desember 2011

hydrocephalus (ini penting buat saya....juga anda semua)




by : Fuad Hasan P. Salman

siang tadi, gue ngerasa bahagia banget kala Allah mempertemukan gue untuk kesekian kalinya sama guru-guru kiriman Allah.Dimulai kala gue ikutan les nyetir mobil untuk yang kesekian puluh kalinya (uppss....bukan berarti gue belom bisa nyetir. tapi itu semata karena gue pengen belajar buat interaksi sama banyak dan banyaak lagi orang). Yeah... sembari nyetir itulah tentu gue ga berenti ngegumamin kalimat yang jadi doa gue satu bulan ini.

"Ya Allah bantu aku untuk terus bertahan dalam menjaga keistiqamahan-ku mengejar ridha-Mu, Ya Allah!! Cukupkanlah kehidupan orang-orang yang aku cintai. Bukalah pintu rezeki - Mu, Ya Razzak. Agar hamba bisa membanggakan semua orang yang hamba cintai. Bantu aku untuk dapat melayakkan diri ini agar mampu menjadi hamba-Mu yang cukup. Termasuk agar hamba cukup layak jadi juragan dealer mobil HONDA, TOYOTA ame DAIHATSU se-Jawa Bali, Ya Rabb. Hanya Engkau yang mampu membuat segalanya memungkinkan. Semoga Ibu dan Bapak pun mendengar ini, Tuhan! Aamiin...."


Mendengar gumaman doa gue? pelatih nyetir gue bilang : "Loe emang gila!! Tapii... gue suka kegilaan loe. POSITIP!"

TAPI BUKAN ITU YANG BIKIN GUE SENENG PAGI ITU... ada satu kalimat yang gue inget banget jadi kalimat yang sama kaya ucapan Dr. Ali Shahab, Dokter Syaraf yang nangani penyembuhan hydrocephalus gue di RSPAD Gatot Subroto Jakarta beberapa waktu lalu,

"Jaan...kowe ki edhan, yoo... tapi aku seneng! POSITIP TEnAN EDHANMU (You are crazy,guys. But Its POSITIVE! I LIKE THAT!)"


dan kalimat itu pun terulang berkali-kali dikampus gue tercinta, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tepatnya di Fakultas Hukum. "Jaan...kowe ki edhan, yoo... tapi aku seneng! POSITIP TEnAN EDHANMU (You are crazy,guys. But Its POSITIVE! I LIKE THAT!)

ups... jadi ngelantur kemana-mana! OKE!! mungkin pembukaan itu ga penting buat loe semua. Tapi itu PENTING BANGET BUAT GUE!

Paling Gak? itulah awal bagi GUE melupakan sebuah penyakit yang kadang-kadang LUMAYAN mengganggu GUE banget dalam beraktivitas yang malam ini sengaja gue jadiin topik blog ini. apa itu? HYDROCEPHALUS!


HYDROCEPAHLUS


Hydrocephalus

menurut apa yang tertulis di http://artikelhot.com/501/hydrocephalus.aspx --->

Hydrocephalus terjadi ketika kelebihan cairan terbentuk pada otak, paling sering dikarenakan kegagalan dalam membuang cairan dengan baik. Kelebihan cairan ini dapat menekan lapisan jaringan otak yang mudah pecah dan menyebabkan kerusakan otak. Jika tidak terobati, hydrocephalus dapat fatal. Dikenal dengan istilah “cairan pada otak”, hydrocephalus terkadang terjadi saat kelahiran, meskipun dapat terjadi setelahnya. 1 dari 500 bayi lahir dengan kondisi ini.

GEJALA
Tanda dan gejala hydrocephalus bervariasi berdasarkan kelompok umur dan perkembangan penyakit.

Pada bayi, tanda dan gejala umum hydrocephalus antara lain:
• Pembesaran kepala yang tidak wajar

• Meningkatnya ukuran kepala dengan cepat
• Membengkaknya bagian atas kepala
• Muntah
• Mengantuk
• Mudah marah
• Kejang
• Mata layu
• Penundaan pertumbuhan

Pada anak dan orang dewasa, tanda dan gejala yang umum hydrocephalus antara lain:
• Sakit kepala yang diikuti dengan muntah
• Mual
• Pandangan kabur atau ganda
• Mata layu
• Masalah pada keseimbangan dan koordinasi
• Lemas
• Pertumbuhan lambat
• Hilang ingatan
• Mudah marah
• Perubahan kepribadian
• Memburuknya performa pada pekerjaan dan sekolah

Hydrocephalus menghasilkan kombinasi tanda dan gejala berbeda berdasarkan penyebabnya dan juga variasi umur.
Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab

Hydrocephalus terjadi karena terbentuknya kelebihan cairan pada otak. Otak anda terdiri dari gelatin, dan ini mengeluarkan cairan cerebrospinal. Cairan ini juga memenuhi struktur besar yang terbuka yang disebut ventrikel yang terletak di bagian dalam otak anda. Vantrikel yang berisi cairan membantu otak anda tersangga dan tetap pada tempatnya.

Cairan cerebrospinal mengalir di dalam ventrikel melalui penghubung. Cairan bahkan mengalir ke dalam ruang di dalam otak dimana cairan ini terserap ke dalam aliran darah.

Keseimbangan aliran dan penyerapan cairan cerebrospinal penting untuk mengatur tekanan normal di dalam tengkorak. Hydrocephalus terjadi ketika aliran cerebrospinal terganggu –sebagai contoh ketika saluran diantara ventrikel menyempit- atau ketika tubuh tidak menyerap cairan ini secara normal.

Ketidaknormalan penyerapan cairan cerebrospinal menyebabkan tekanan normal hydrocephalus, yang paling sering terlihat pada orang dewasa. Pada tekanan normal hydrocephalus, kelebihan cairan memperbesar ventrikel tetapi tidak meningkatkan tekanan terhadap otak. Tekanan normal hydrocephalus dapat disebabkan oleh cedera atau penyakit, tetapi pada banyak kasus penyebabkan tidak diketahui.

Faktor risiko

Bayi prematur memiliki peningkatan risiko pendarahan yang parah pada ventrikel di dalam otak (intraventricular hemorrhage), yang menyebabkan hydrocephalus.

Masalah tertentu saat kehamilan yang dapat meningkatkan risiko janin mengalami hydrocephalus antara lain:
• Infeksi di dalam uterus
• Masalah yang berhubungan dengan janin, seperti penutupan yang tidak sempurna pada tulang belakang

Cacat yang tidak berhubungan dengan kelahiran juga dapat meningkatkan risiko hydrocephalus.

Faktor lain yang meningkatkan risiko hydrocephalus antara lain:
• Tumor pada otak atau tulang belakang
• Infeksi sistem syaraf pusat
• Pendarahan pada otak
• Cedera kepala yang parah

Pencegahan

Untuk mengurangi risiko hydrocephalus dapat:
• Jika anda sedang hamil, lakukan pemeriksaan rutin terhadap kehamilan anda untuk mengurangi risiko apapun terhadap janin anda.
• Lindungi diri anda dari penyakit infeksi.

Untuk mencegah cedera kepala:
• Gunakan pelindung kepala yang baik.
• Selalu gunakan sabuk pengaman ketika menggunakan kendaraan bermotor.

Tanyakan pada dokter anda mengenai vaksin meningitis. Meningitis merupakan penyebab umum hydrocephalus

dan ntu semua ditulis dengan penjelasan yang nyaris sama persis di semua situs yang jelasin tentang HYDROCEPHALUS.

okelah.... semoga artikel ini bermanfaat buat yang penasaran sama penyakit ini. DAN SEMOGA KETURUNAN DAN KELUARGA KITA TERUS DISEHATKAN OLEH ALLAH SUBHANAHU WA TA'ALAA


semoga bermanfaat

amiiin


sumber :
:

1. http://artikelhot.com/501/hydrocephalus.aspx
2. http://winardi-andalas-putro.blogspot.com/2009/03/cegah-hydrocephalus-sejak-kehamilan.html
3. http://www.google.co.id/imgres?q=hydrocephalus&hl=id&lr=lang_id&sa=X&biw=1280&bih=573&tbs=lr:lang_1id&tbm=isch&prmd=imvns&tbnid=BeQ_FRyayUTuLM:&imgrefurl=http://hydrocephalusfoundation.org/gallery-2/&docid=xJgQJYeuduUk9M&imgurl=http://hydrocephalusfoundation.org/wp-content/gallery/hydrocephalus-babies/hydrocephalus%252520kid%25252015.jpg&w=973&h=739&ei=wHHfTrnCNOqcmQWr58T_Bw&zoom=1&iact=hc&vpx=652&vpy=287&dur=288&hovh=151&hovw=216&tx=194&ty=159&sig=114788847559444135965&page=4&tbnh=151&tbnw=216&start=36&ndsp=12&ved=1t:429,r:3,s:36

0 komentar:

Posting Komentar