Sabtu, 03 Desember 2011

“Kulkas” = Trend Tausiyah Islam Masa Depan

“Kulkas” Trend Tausiyah Islam Masa Depan

Ebook Gratis Tentang Bacaan ShalatEbook Gratis! Bumbu, Rahasia Presentasi MenarikLayanan Gratis! 7 Days Mutiara Penyejuk HatiEbook Gratis! Rahasia Bisnis Online Tausiyah islam singkat dengan baca teksAda beberapa istilah tausiyah Islam yang telah kita kenal, misalnya: kuliah Subuh, kuliah Dhuha dan kultum (kuliah tujuh menit). Tausiyah Islam yang saya sebutkan terakhir adalah jenis tausiyah singkat. Melalui blog ini, saya ingin memperkenalan dan mengajak anda untuk melaksanakan jenis tausiyah Islam singkat lainnya yaitu “Kulkas”. Tausiyah Islam “Kulkas” ini memiliki dua kelebihan yang tiada tanding:

Pertama,
Jika kuliah Subuh dan kultum biasanya dibawakan oleh kalangan ustadz, maka kulkas dapat dibawakan oleh semua orang. Termasuk oleh anda yang bukan ustadz. Kulkas dapat dibawakan oleh anak-anak, remaja dan orang tua.
Kedua,
Kulkas adalah tausiyah Islam yang  dapat diadakan kapanpun dan dimanapun. Anda bisa membawakan tausiyah Islam ini (kulkas) di waktu pagi, siang, sore atau malam hari. Cocok untuk disampaikan pada saat arisan, menjelang coffee break sebuah acara, atau di tengah kesibukan lainnya. Anda juga bisa membawakan kulkas ini di masjid, rumah, kantor, pasar, bis kota dan tempat-tempat lainnya. Tausiyah Islam kulkas, selain dapat dilaksanakan kapanpun dan dimanapun, juga inysa_allah banyak disukai oleh hampir semua orang karena durasinya yang amat singkat. Kulkas hanya butuh waktu 2 (dua) menit saja. Karena sangat ringkas itulah, maka tausiyah Islam ini dinamakan “Kuliah Ringkas” atau disingkat dengan “Kulkas”.
Mau tahu contoh tausiyah Islam dengan kulkas, dimana dan kapan?
Masjid Raya Taman Yasmin Bogor, menyampaikan kulkas menjelang khatib Jumat naik mimbar. Materi kulkasnya (tausiyah Islami) diambil dari buletin dakwah GPKSB. Buletin dakwah ini berukuran hanya separoh kertas A4, yang memuat tausiyah singkat (sekitar 200 kata). Untuk membacanya hanya diperlukan waktu dua menit. Inilah contoh buletin dakwah GPKSB edisi ke-34:
buletin dakwah jumat, tausiyah Islami
Ketika Sang Maha Raja Mengundang Anda…
“Jika kamu mendengar suara adzan, maka penuhilah panggilan Allah itu” (HR Thabrani). Adzan adalah panggilan (undangan) Allah Sang Maha Raja. Jika anda mau memenuhi undangan-Nya (shalat berjamaah di masjid), maka anda termasuk orang-orang yang menang, sebagaimana seruan adzan itu sendiri “hayya alal falah”, ayo raih kemenangan.
Jika sampai saat ini penghargaan kita terhadap undangan Allah itu masih remeh, inilah hadits-hadits Nabi yang perlu direnungkan dalam-dalam:
1. Dari Abu Darda, kudengar Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada manusia sebanyak tiga orang yang berdomisili di suatu kampung, gunung atau kota lalu mereka tiada menyelenggarakan shalat berjamaah, kecuali syetan telah menjajahnya. Oleh sebab itu, selenggarakanlah olehmu shalat berjamaah, karena seekor serigala hanya mampu menerkam kambing sebagai mangsanya, ketika kambing itu terpencil menjauhi kawannya” (HR Abu Daud)
2. Dari Muadz bin Anas, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Kebatilan di atas kebatilan, kekufuran dan kemunafikan, yaitu orang yang mendengar panggilan muadzin untuk mendirikan shalat namun dia tidak memenuhinya.” (HR Ahmad, Thabrarni)
3. Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: ” Demi dzat yang diriku ditanganNya, aku ingin menghimpun kayu bakar, lalu kusuruh seorang mengumandangkan adzan shalat, dan kusuruh pula imam memimpin shalat berjamaah, dan kudatangi mereka yang tidak shalat berjamaah, kubakar mereka bersama rumah-rumahnya”. (HR Bukhari-Muslim)

Ayo Shalat Berjamaah di Masjid…
buletin dakwah jumat for tausiyah Islam
Kesimpulan:
- Kulkas (Kuliah Ringkas) adalah tausiyah Islam dengan durasi hanya 2 menit
- Karena sangat ringkas, maka tidak ada alasan untuk bosan/tidak ada waktu
- Bahan-bahan kulkas bertema shalat berjamaah dapat anda download di sini
- Bahan-bahan kulkas tema lainnya dapat anda peroleh di www.akhmadtefur.com
- Mulai hari ini, adakan kulkas (kuliah ringkas) di tempat anda:
  • Di masjid kompleks, menjelang shalat jumat
  • Di masjid kantor, setelah shalat berjamaah Dhuhur
  • Di rumah berserta seluruh keluarga
  • Di tempat arisan, rapat, seminar, pelatihan dll
  • Sebagai sisipan pada acara tabligh akbar, pengajian rutin
  • Pada tempat dan kesempatan lainnya
Mari kita jadikan “Kulkas” sebagai metode tausiyah Islam yang dapat membangun kesejahteraan ummat dimanapun dan kapanpun kita berada.



SUMBER : http://www.akhmadtefur.com/ceramah-islami/%E2%80%9Ckulkas%E2%80%9D-trend-tausiyah-islam-masa-depan/

0 komentar:

Posting Komentar