Minggu, 25 Desember 2011

Jejak Emas Brian Tracy - Bagian 1

Penulis Asli :
Tim AndrieWongso

Di Tulis Ulang Oleh :
Fuad Suyatman (Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman)
The Craziest and The Most Productive Blogger sekaligus juga
Praktisi Hypnosis solo binaan Ztrongmind -Sebuah Organisasi Hypnosis yang tengah
Booming di Blora dan Kota asal Mobil Esemka,Solo


akhirnyaaaa... ngomongin dunia ini juga. Yups, dunia kewirausahaan (entrepreneur world). sebuah dunia yang bikin gue penasaran dan makin penasaran sampe akhirnya gue bilang ke diri gue sendiri : GUE KUDU TAHU ISI DUNIA UNIK ITU. DUNIA YANG HARUS GUE TAKHLUKKIN SEJAK SEKARANG!

DAN KISAH TENTANG DUNIA INI PUN GUE AWALI DARI JEJAK EMAS MBAH BRIAN TRACY. ceritanya gimana sih? OKELAH. GA USAH LAMA-LAMA! DENGAN MENGUCAP BISMILLAH =) DAN MEMOHON IJIN SHARE JUGA DARI PENGELOLA SITUSNYA PAK ANDRIE WONSO (SITUS TEMPAT GUE NGOPY PASTE TOTAL TULISAN INI)... So....AYO KITA MULAI........



Siapa yang tak kenal Brian Tracy. Ia pakar di bidang pengembangan potensi manusia dan pembicara motivasional. Ia pendiri Brian Tracy International, perusahaan sumber daya manusia, juga penulis buku-buku terlaris The 100 Absolutely Unbreakable Laws of Business Success dan Maximum Achievement. Ia telah membantu ratusan ribu orang dalam hal kesuksesan pribadi dan profesional, termasuk para eksekutif dan staf berbagai perusahaan seperti IBM dan The Million Dollar Round Table.

Keluarga Brian Tracy bukan termasuk keluarga kaya. Mereka tidak pernah punya banyak uang, sehingga Brian Tracy punya impian menjadi jutawan saat berusia 30 tahun. Namun, ketika mencapai usia segitu, kondisinya tidak berubah. Ia tetap miskin. Lalu, ia mulai bertanya, mengapa beberapa orang lebih sukses daripada yang lainnya? Bagaimana ada orang yang memulai dari nol dan akhirnya jadi jutawan? Inilah yang mendorong Tracy untuk mengamati para jutawan yang memulai bisnis mereka dari modal nol.

Dari hasil pengamatannya, ia mendapati bahwa untuk mencapai sukses besar dalam hidup, kita harus menjadi jenis orang tertentu. Kita harus mengembangkan kualitas yang tidak dimiliki orang rata-rata. Kualitas inilah yang juga diterapkan sendiri oleh Brian Tracy dalam membangun kesuksesannya sendiri. Apa sajakah kualitas itu?


1. Bermimpi Besar dan Mengkristalkannya Jadi Tujuan yang Jelas

Para jutawan telah membuktikan, punya impian besar memampukan mereka meraih segala keinginan mereka yang tanpa batas. Jangan batasi diri kita dengan impian yang kecil atau semi besar. Beranikan diri kita untuk mengimpikan impian setinggi langit. Karena ada sesuatu tentang impian dan visi yang mampu membangkitkan semangat dan rangsangan kita untuk melakukannya lebih baik daripada sebelumnya.

Namun, seberapa besar mimpi yang perlu kita miliki? Ellen Johnson Sirleaf, Presiden Liberia Pemenang Nobel Perdamaian 2011, pernah berkata, "If your dreams do not scare you, they are not big enough." Jadi, tetapkan impian yang membuat kita merasa merinding saat sekadar memikirkannya.

Setelah menentukan mimpi besar kita, jadikan itu sebagai tujuan yang jelas dan spesifik. Tulis tujuan itu di secarik kertas. Lalu, beri tujuan itu pelumas ampuh berupa cara berpikir "kembali dari masa depan".

Bayangkan diri kita lima tahun ke depan. Bayangkan, lima tahun telah berlalu dan kehidupan kita sekarang sempurna dalam segala hal sesuai dengan keinginan kita. Lalu, kita lihat kembali ke tempat kita berada hari ini. Apa yang akan kita lakukan untuk mencapai tempat yang ingin kita tuju? Langkah-langkah apa yang akan kita ambil? Apa yang akan kita ubah dalam hidup kita? Apa yang akan kita mulai atau buang? Dengan siapa kita akan bergaul? Dengan siapa kita tidak akan bergaul lagi?

Ketika kita menciptakan gambaran mental yang jelas tentang tujuan kita dalam kehidupan, kita akan menjadi lebih positif, lebih termotivasi, dan lebih bersungguh-sungguh untuk mewujudkannya. Kita memicu kreativitas alamiah kita dan muncul dengan ide demi ide yang akan membantu mewujudkan visi kita jadi kenyataan. Orang sukses memikirkan tujuan mereka sepanjang waktu. Hasilnya, mereka terus-menerus bergerak ke arah tujuan mereka, dan tujuan mereka terus-menerus bergerak ke arah mereka.

Salah satu kutipan ucapan Thomas Carlyle-penulis asal Skotlandia, sejarawan, dan guru di era Victoria-makin menegaskan pentingnya kita memiliki tujuan yang jelas dalam meraih sukses.

"Seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan bahkan di jalan yang terjelek. Seseorang tanpa tujuan tidak akan membuat kemajuan bahkan di jalan yang termulus."

Setelah itu, kita juga perlu menetapkan batas waktu untuk setiap tujuan. Berikan target kepada diri kita sendiri untuk mencapainya. Buat rencana dan ambil tindakan atas rencana tersebut. Lakukan sesuatu setiap hari yang menggerakkan kita ke arah tujuan itu. Karena komitmen pada tindakan harian ini akan membuat kita sukses besar dalam apa pun yang ingin kita capai.

Ingin sukses? Miliki dulu mimpi besar dan tetapkan itu jadi tujuan yang spesifik. Namun, itu barulah jejak emas pertama. Nantikan jejak emas berikutnya di esok hari.

sumber
: http://m.andriewongso.com/artikel/entrepreneur_corner/4629/Jejak_Emas_Brian_Tracy_-_Bagian_1/

0 komentar:

Posting Komentar