Jumat, 16 Desember 2011

Antara Hydrocephalus, gue dan cita-cita

Akhirnya.. at the second time? Impian gw belajar ama profesornye imajinasi bener-bener kejadian (lagi). Apaan? Sama kayak di Boyolali dulu? KEMAREN GUE DAPET REJEKI WAT NGISI CERAMAH DIDEPAN ANAK PAUD DI JATIASIH, BEKASI. Yap…! KEMAREN ADALAH HARI YANG SANGAT INDAH DIMANA GW DIPERCAYA (lagi) NGISI PENGAJIAN DI DEPAN ANAK PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Bintang, sebuah sekolah yang didiriin sama nyokap gue beserta temen-temennye. Tema yang gue angkat? Ga ganti! Masih sama persis kayak waktu pertama gue ceramah didepan anak TK dulu : CITA - CITA!!

"Hayo adek manis semua!! apa cita-cita kalian?" kata gue selesai gue sharing sama mereka. Sengaja! Gue pengen mbuka percakapan gue sama mereka kemaren pagi itu.
"Saya mau jadi astronot,maas!!" *sebuah cita-cita yang kemudian gue aminkan. kenapa?
Karena gue berpikir bahwa seseorang akan cenderung menurunkan kadar kualitas cita-citanya kelak kala ia dewasa dengan dalih : Realistis dan damai sama yang namanye IDUP! SO? Orang dewasa kemudian banyak yang ga berani bermimpi besar lagi kayak yang dulu pernah die lakuin pas masih TK.
Dan ini sendiri gue rasain banget sekarang dimana gue adalah sosok yang sangat lantang menjawab soal cita-cita pas gue kecil dulu. Dengan otak yang kelebihan (cairan karena hydrocephalus yang gue derita sejak umur gue 7 bulan)? Gue –si Fuad Kecil yang dengan fisik yang super rapuh dan kepala segede alien (yups, my friend call me Alien coz of my physics)- dulu selalu teriak di depan banyak orang :
“Saya ingin jadi penggantinya Yitzak Rabin (Perdana Menteri Israel kala gue masih ingusan). yang bersama jenderal Ariel Sharon bisa menguasai dunia,bu..!”
Dan? Semua pun bengong. Gw sendiri cukup pede dengan ngebatin kalo pas itu orang sekitar gue pada ngebatin:
“Gila! Ni anak pinter bener…”
Tapi itu dulu. Kalo inget itu? Gue nangis suka sendiri sekarang (yeaah…I’m mellow man! Sodaranya Megalowman! Hahahaha…). Coz Fuad nyang sekarang? BEDA BENERRR…!!
I Just a somplak-man. A crazy man who still survive with my idiot style. Idiot? No! I just want to be an extra-ordinary man. Altought I must forgot what I wanna be at the past. (hallah… ngomong apee gue? pokoknye? Gue meski udah brubah jadi cowok somplak bin sarap yang kembali diserang aneka keminderan seperti halnya kala pertama kali gue sadar gue dicap ‘aneh’ sama temen-temen gue pas gue TK dulu? Gue masih tetep jadi sosok yang mencoba bertahan dengan keanehan gue. kesomplakan dan kesengklehan gue serta kebadungan gue. Meski bedanya? Sekarang gue udah kudu sedikit berdamai sama kenyataan bahwa cita-cita gue kala kecil itu cukuplah jadi cita-cita indah yang dengan cita-cita itu Tuhan bikin gue sekeluarga bisa ke beberapa Negara lantaran keeksisan dan kedahsyatan bokap gue. Tapi gue sangat bangga akan itu. “setidaknya cita-cita gue hanya bergeser sedikit! Dari diplomat (yang karena gue ga keterima masuk jurusan Hubungan Internasional? Jadi pengusaha sarap alias sengklehpreneur (yang mana cita-cita inilah yang diamini semua temen gue di dunia nyata atopun di FB sekarang. I love you all guys! Tuhan bersama dan akanmengindahkan idup loe semua! Amin…!)
Dan ngomongin soal cita-cita? Cerita yang lain lagi gue dapet dari temen gue yang sekarang jadi sales dengan sebutan yang agak dikeren-kerenkan dengan istilah : Marketing Director. Do’i waktu gue tanya apa cita-citanya waktu kecil cuman ngejawab simple sambil mukanya ditekuk 13 tekukan (ada gitu 13 tekukan? Kayak gue ngitung aje?). okelah! Forgot it!! Pas gue tanya ke die soal sepele tapi gede efeknye yaitu cita-cita, die cuman bilang:
"Loe tau kan, soba! Ape cita-cita gue? pan kita sama-sama pengen jadi penguasa dunia. Tapi….udahlah, Itu masa lalu. jangan bahas lagi. ya? I just Salesman now!”
Sayang bener emang! Gelar S.E dibelakang namanye cuman nganterin die ke gerbang ke sales-an. Die sendiri Cuma nanggepin dingin pas gue tanya soal itu : “ga ada koneksi, sob! Kerjaan kan sekarang nyarinye susah! Ya udahlah.. emang nasib gue kali kudu jadi sales dulu. Tapi gue ga lupa kok sama impian kite berdua.”
Yup…!! Seketika itu gue belajar betapa cita-cita seseorang pun bisa dengan gampangnya terkikis dengan sebuah alas an yang buat gue konyol. Ga ada koneksi. Not have connection. Et dah buseet… kayak warnet aje pake koneksian.
“Na loe sendiri? Sekarang ngapain? Belum lulus loe ye?”
Sebuah pertanyaan yang bikin gue ketohok. Telak!
“Iye,sob!” kata gue. Pucet!
“Loe juga sih kelebian otak. Ambil jurusan pake 2 segala lagi. Gue aje yang 1 jurusan puyeng. Dasar alien!”
Kata-kata terakhir bikin gue langsung inget masa kecil. Kata-kata yang dulu bikin gue trauma sama yang namanye sekolah and punya temen. Tapi kata-kata itu jugalah yang bikin gue sekarang bangga. Yupz…gue beda. Gue adalah sedikit dari para penderita hydrocephalus yang masih idup sampe sekarang. Hydrocephalus?
Ah, mane mereka ngerti. Mereka thu taunye? Gue alien! Bazz.. enough…cukup!!
“Yeah… My Name Is Fuad. I am ALIEN! The cleverest alien in this world…!!”
Tapi sobat kecil gue tahu gue kayak gimana sekarang. “Tapi loe emang anjrit, Fu!”
“Otak loe nyang lebih itu udah bikin group FB loe ada dimane-mane. Tahajjud With Love? Hhh.. ampun deh! Gue piker itu cuman iseng? Ee.. ternyata thu group udah bikin loe n keluarga loe ngelancong ke Malaysia. Salut dah gue…! Tapi… loe masih pengen jadi diplomat?”
Pertanyaan itu seketika bikin obrolan gue sama sobat kecil gue balik ke awal kisah. Cita-cita. Obrolan anak TK yang sekarang udah bikin banyak orang dewasa depresi gara-gara gagal ngewujudinnya. “GAK,SOB! Gue udah mantep pengen jadi pengusaha. Entrepreneur!”
Jawaban gue yang langsung di counter balik sama do’i. “Pengusaha… Gila? Alias Sengklehpreneur?”
“Amiin…!!” jawab gue sambil teriak penuh kemenangan.
But, kalo ngomong lagi soal cita-cita?
Sahabat gue yang lain juga begitu. Bahkan nasibnye lebih parah. Namanya Mas Masruri. Do’i itu tukang becak langganan gue waktu gue SD. Sekarang? Do’i udah alih profesi. Tapi tetep dijalur yang sama kayak waktu gue SD. DRIVER!
Yap…! Kang Masruri sekarang adalah salah satu tukang ojek dikawasan Jatibening.

Gue sendiri dua hari lalu ketemu waktu do’i abis narik penumpang. Sumpah! Awalnye gue sempet gak ngeh ama Kang Masruri yang sedari jauh udah cengar-cengir liatin gue. “Fuad? Loe… Fuad kan? Alien yang dulu pas SD langganan becak gue?”
Alien?
Cuman orang dari masalalu gue aje yang nyebut gue alien. Gue ngernyitin dahi. “Gue Masruri, Ad! Ye elah loe tega bener lupa ama gue?”
Suer…! Gue beneran gak ngeh waktu do’i nyebutin identitasnye sampe do’i akhirnye nyebutin clue yang gue inget banget. Bang Udin!
“Gue temen Udin, Ad! Sopir becak langganan loe juga waktu loe SD.”
Yeah.. I see. Gue pun inget lagi sama kang Masruri. Yups, bang Udin sama Kang Masruri emang tukang becak yang dibayar nyokap buat nganterin gue sama adek-adek gue pas SD dulu.
Alhamdulillah sekarang doi alih profesi. Tukang ojek. Paling gak kehidupan Kang Masruri naek satu level.
“Kenapa heran gitu, Ad? Loe pasti mikir kalo gue naek level? Iye?” tanyanya.
“Jujur, Ad! Ini gak seperti yang loe bayangin. Gue? dapetin ni motor thu via utang! Kredit…!!hehehhe….” tutur do’i sambil senyum. Maksa.
“Gue kepaksa lhah utang buuat beli ni motor. Abis sejak orang-orang pada punya motor? Tarikan gue sepi. Langganan gue ilang semua! Emang semua pade sombong sekarang..! Ga ada lagi yang mau naek becak kayak jaman loe dulu. Tarikannye sepi…!"
Kang Masruri tanpa disuruh udah nyerocos aje. Tapi gue dah paham itu. Itu juga soalnya yang bikin gue deket ama cowok Purwokerto yang separoh idupnya abis diatas becak dan ojek dikawasan Bekasi.
“Padahal loe tahu ndiri kalo sedari kecil pun gue punya impian and cita-cita tinggi kayak loe and adek-adek loe. Tapi…”
Kata-kata do’i berhenti sebentar. “yeah… namanye nasib emang kudu gini. berhubung waktu SD idup dan ortu gue susah, gue pun akhirnya cuma bisa pasrah.”
“Gue coba lhah buat ngejalanin ini. Ngalir aja.”
Sekilas gue liat matanye. Berair. Merah. “Yeah… idup emang aneh,Ad! Dan gue sedih banget kalo inget simbok di kampong. Waktu gue kecil…gue inget kalodulu gue pernah bilang sama simbok : “Mbok,, doakan ya? anakmu supaya jadi pilot."
“Eee.. lha kok bener! Meski meleset agak lumayan jauh. Tapi cita-citaku jadi driver kesampean kok, Ad!” kata do’i. sedih. Sejurus kemudian dia menatap gue. Tajem. Terus? Ga tau kenapa thu akang ketawa terbahak-bahak sendiri.
“Eh, Motodriver thu kan bukannye sama ye kayak pilot? Sama-sama nyopir? Hahhaha….”. Mata cowok kurus itu cerah lagi.
Cerah? Ato sok cerah karena pengen nyoba lupain beban idupnyaama gue, anak kecil yang dulu menjadi penumpang langganannya. Auk ah… gue sendiri pas itu cuman bisa senyum. Tapi gue sendiri dengan sok dewasa langsung ngomong dengan gaya sok bijak.
“Lhah? Kang? Kan loe malah keren sekarang…! Kayak Valentino Rossi.” Kata gue pas ngeliat ojek tunggangannya.
“Yah syukurlah kalo loe nganggep gue kayak Rossi. Tapi bukan Rossiana silalahi kan? Hahahhaha……” katanya sambil ngakak nyebut nama pembaca berita favorit kita berdua sejak dulu. Sejak gue masih suka naek BMW alias Becak Merah Warnanya,hehehehehe.
Tapi gak lama setelah itu Kang Masruri jadi super serius. Tatapannya. Gayanya. Bahasanya. Semua jadi serius.
“Yeah…Nasib emang cuma memihak sama mereka yang punya mental juara, Ad! Cuma mereka yang gak menyerah pada nasib plus memiliki kemauan dan usaha sangat keras aja yang bisa jadi pemenang, Ad!” katanya panjang lebar.
“Kalo ditanya soal gue sendiri? gue memang punya kemauan kuat. Tapi sikap gue udah terlanjur salah. Gue cuma mengikuti arus kehidupan. Padahal? Kalo mau memenangkan hidup? Loe emang kudu ngelawan arus. Karena disitulah Allah menilai kualitas loe.” Kata do’i menjelaskan.dan gue pun sepakat sama yang satu itu.
“Dan sayangnya ketika kesadaran itu ada? Semua telat, Ad!” katanya. Sedih.
”Gue emang udah mencoba menantang nasib dengan hijrah dari Purwokerto ke Jakarta. Tapi..?” kata-kata do’i berhenti sebentar. “Usaha gue ya… cuma sampai situ aja. Gak lebih!”
“Padahal gue itu niatnya ya pengen ngubah nasib di Jakarta! Itu kenapa gue nekad ke Jakarta. Tapi yah… karena gue ga bermental juaralah plus cuma pasrah sama nasiblah kemudian menjadikan si nasib menggiring gue jadi kayak ini. Yups, I just a driver.”
Logat medhok yang keluar dari mulut do’i kontan bikin gue senyum. Ya, gue ingett…! Kang Sam adalah driver favorit gue kala ia masih menunggangi BMW nya. BMW?
Ya! Becak Merah Warnanya!
Nasib memang menggiring mereka yang Cuma mengikuti garis nasib itu ke lembah ganas. "Ya.. udahlah, kali ini mungkin jawaban dari semua. Bismillah aja lhah…!! Gue kemudian seiring waktu masih Cuma bisa pasrah mengukir nasib diatas Yamaha Butut yang gue coba pakain buat ngojek.”
Dan? Itu mungkin adalah klimaks dari sekian banyak kisah dari kita, sang empunya cita-cita. Sebuah pencapaian dari satu diantara sekian sahabat gue yang mencoba ikhlas menerima garis nasib.
So, apa yang bisa kite ambil sebagai pelajaran dari semua ini?
Mengutip apa yang mas Samsuri Bilang di awal kisah tadi bahwa : “Nasib memang hanya memihak pada mereka yang memiliki mental juara! Dan cuma mereka yang tidak menyerah pada nasib plus memiliki kemauan dan usaha sangat keraslah yang bisa jadi pemenang.”
So.. sekarang? I just want to say bismillah ajah. Semoga dengan tulisan ini gue jadi bisa istiqamah lagi mengejar mimpi. MENJADI THE NEXT YITZAK RABBIN N THEODORE HERZL. begitu juga pembaca sekalian. semoga impian kita kala TK benar-benar terwujud kelak.AMIN

Rabu, 14 Desember 2011
Soekarno Hatta International Airport di terminal C6
kala menunggu Batavia Air tinggal landas siang ini



Fuad "The Somplak Man" Hasan P. Salman

0 komentar:

Posting Komentar