Rabu, 06 Juni 2012

Shalat Tahajjud is... Amazing!! (Panduan Lengkap Shalat Tahajjud, Insya Allah)



Di Modifikasi dan Disebarkan Kembali Oleh :

Fuad Suyatman, Ch.M. (Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman)
The Craziest and The Most Productive Blogger From
King Of Mind sekaligus juga
Praktisi Hypnosis Solo binaan Ztrongmind
-Sebuah Organisasi Hypnosis yang tengah Booming di Blora dan Kota asal Mobil Esemka,Solo

A. Pengertian Shalat Tahajjud



Shalat Tahajjud itu apa ya? Menurut sumber yang gue baca ketika gue searching masalah Shalat Tahajjud ini, disebutin bahwa : Shalat Tahajud adalah shalat sunat yang dikerjakan pada waktu malam, dimulai selepas isya sampai menjelang subuh. Jumlah rakaat pada shalat ini tidak terbatas, mulai dari 2 rakaat, 4, dan seterusnya.Dan untuk melaksanakannya, kita di anjurkan untuk tidur terlebih dahulu. (http://fitrakhoerulumam.blogspot.com/2012/04/tata-cara-shalat-tahajud.html)

Perihal arti Tahajjud sendiri sesungguhnya adalah bangun pada malam hari. Maka afdhalnya shalat Tahajjud itu ya... dilakukan pada sepertiga malam yang akhir yaitu kira-kita mulai jam 1.00 malam sampai menjelang masuk waktu shubuh. Hal ini sendiri ialah sebuah penjabaran dari hadits Nabi, bahwasanya:"Perintah Allah turun ke langit diwaktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon ( berdoa ) pasti akan kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu shubuh"(al Hadits). (http://www.nursyifa.hypermart.net/khazanah_islamiah/sholat_tahajud.html)

Nah, kalo banyak orang menggunakan meditasi, yoga atau bahkan reiki untuk dijadikan media mereka dalam menenangkan diri? Maka sebenernya sebagai Umat Islam pun punya satu ibadah yang memiliki efek yang bahkan jauh lebih menenangkan daripada ritual-ritual itu. Ya, ibadah itu tiada lain bernama Shalatut Tahajjud, sebuah ritual ibadah nan indah yang terbukti memiliki kemanjuran dan keajaiban luarbiasa, terutama dalam hal menenangkan pikiran dan hati.

Kembali bicara soal Shalat Tahajjud? Pada dasarnya, gerakan atau tata cara sholat tahajud pun tidak berbeda dengan sholat-sholat sunnah yang lain:
(1)berwudhu,
(2)niat melakukan sholat sunnah tahajud, kemudian
(3)melakukan gerakan sholat seperti biasa mulai dari takbir hingga salam.

Dan begitulah!! Bicara soal bagaimana pelaksanaan shalat tahajjud? Biasanya shalat ini selalu dilakukan dengan melakukan gerakan shalat 2 rokaat dan sekali salam -2 rokaat sekali salam(dan begitu seterusnya).

Untuk rokaat pertama setelah takbir membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjjutkan dengan surah lainnya. Pada rokaat kedua pun sama : membaca surah Al Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surah lainnya (yang kita hafal). Perbedaan shalat tahajjud dengan shalat lainnya memang hanyalah terletak pada niatnya saja. Karena untuk mengerjakan sholat tahajud tentu saja niatnya adalah mengerjakan sholat tahajud, bukan niat untuk mengerjakan sholat yang lain.

B. Waktu shalat tahajud


Waktu yang paling utama mengerjakan shalat sunah tahajud sepertiga malam antara 02.00 samapai 03.00. (http://www.blogiztic.net/edukasi/agama/tata-cara-sholat-tahajud.html)

Namun demikian, ada pula pendapat yang menyatakan bahwa Waktu Shalat Tahajud sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu :

a. Sepertiga malam awal, kira-kira mulai dari jam 19.00 samapai jam 22.00
b. Sepertiga kedua, kira-kira mulai dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00
c. Sepertiga ketiga, kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh.
(fitrakhoerulumam.blogspot.com/2012/04/tata-cara-shalat-tahajud.html)

C. Tata Cara Shalat Tahajjud
Cara mengerjakan shalat tahajjud itu pada dasarnya adalah sama dengan shalat-shalat sunnat lainnya, hanya saja niat yang membedakan.

Adapun lafazh niat shalat tahajjud itu adalah sebagai berikut :
“Ushalli sunnatat tahajjudi rak’ataini lillahi ta’aalaa”. Allahu Akbar.
Artinya : “Saya berniat shalat sunnat Tahajjud dua rakaat karena Allah Ta’ala”. ALLAHU AKBAR


Selain dengan berdiri, shalat Tahajjud juga boleh dikerjakan dengan duduk atau bersila, sebagaimana yang telah diterangkan dalam hadist Nabi SAW, yang artinya :
“Sesungguhnya Nabi SAW biasa melakukan shalat malam lama sekali dengan berdiri dan (lain waktu) melakukannya lama sekali dengan duduknya. Bila Beliau membaca dengan berdiri, fuku dan sujudnya dilakukan dari berdiri, Bila Beliau membaca dengan duduk, ruku dan sujud dilakukan dari duduk” (HR.Jama’ah, kecuali Imam Bukhari dari Aisyah r.a).

Hadits lainnya :
“Saya melihat Nabi SAW shalat (lail) dengan bersila” (HR.Imam Daruquthni, dari Aisyah r.a)

Setelah selesai mengerjakan shalat Tahajjud, perbanyaklah membaca istigfar dan dzikir kepada Allah SWT serta memohon kepada-Nya, kemudian membaca doa sebagai berikut :

“Bismillahir rahmaanir rahiim. Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu lakal mulkus samaawati wal ardhi wa man fii hinna, Walaka hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi walakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal haqqu wa liqaa-u ka haqqun wa qauluka haqqun wal jannatu haqqu wan nabiyyuna haqqun wa muhammadun shallallaahu’alaihi wa sallama haqqun was saa’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wamaa akhkhartu wamaa asrartu wamaa a’lantu antal maqaddimu wa antal mu-akhkhiru laa ilaaha illah anta au laa ilaaha gahiruka walaa haula walaa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhiim”


Artinya : “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Tuhanku, Bagi-Mu segala puji, Engkau penegak langit dan bumi serta seluruh isinya, bagi-Mulah segala puji, Engkau raja Penguasa langit dan bumi beserta seluruh isinya, dan bagi-Mulah segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar, firman-firman Mu benar, syurga itu benar, neraka itu benar, para Nabi itu benar, Nabi Muhammad SAW itu benar dan hari Kiyamat itu benar. Wahai Tuhanku, kepada Mu lah aku berserah diri, dengan Mu lah aku beriman, kepada Mu aku rindu dan kepada Mu pula aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah dosa-dosaku, baik dosa yang terdahulu maupun dosa yang akhir, yang tersembunyi dan yang nyata. Engkau Dzat yang Terdahulu dan Yang TerAkhir. Tidak ada Tuhan yang patut disembah melainkan hanya Engkau atau tidak ada Tuhan selain Engkau, serta tiada daya upaya dan kekuatan melainkan hanya dengan pertolongan Allah Yang Maha Agung”.

Setelah membaca doa tersebut diatas, lalu pergilah berbaring kembali tidur, sambil membaca ayat-ayat kursi, surat Al-ikhlas, Al Falaq dan Surat An Naas. Demikianlah, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan semoga bermanfaat bagi kita semua. (http://shalat-tahajjud.blogspot.com/2012/01/tata-cara-sholat-tahajud.html)

catatan : You can doing it too ^..^ :

1. Setelah selesai shalat Tahajjud bacalah zikir yang mudah ( Allah - Allah - Allah ).
2. Dzikirlah terutama perbanyak Istigfar (mohon ampun),
3. So, Finally? Adakan dialog bathin dengan Allah sampaikan semua unek-unek yang ada dalam hati lalu ditutup dengan doa.

D. Doa yang dibaca setelah shalat tahajud:

"Robbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.
Artinya: “Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”


Di dalam hadits Bukhari dinyatakan pula, bahwa rasulullah jika bangun dari tidurnya di tengah malam lalu bertahajud membaca doa:



Allahumma lakal hamdu anta qayyimus samaawaati walardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu laka mulkus samaawaati wal ardhi wa man fiihin, wa lakal hamdu nuurus samaawaati wal ardhi, wa lakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal-haqqu wa liqaa’uka haqqun wa qauluka haqqun wal-jannatu haqqun, wan naaru haqqun, wan-nabiyyuuna haqqun, wa Muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun, waass’atu haqqun. Allahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu, wa maa a’lantu antal muqaddimu wa antal mu’akhiru la ilaaha illa anta aula ilaaha gairuka wa laa haula quwwata illa billah.

Artinya: “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta beserta segala isinya. Bagi-Mulah segala puji, pemancar cahay langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Engakaulah yang haq, dan janji-Mu adalah benar, dan surge adalah haq, dan neraka adalah haq, dan nabi-nabi itu adalah haq, dan Nabi Muhammad adalah benar, dan hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mulah kami berserah diri (bertawakal) kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada-Mulah kami rindu, dan kepada engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan ynag terakhir. Tidak ada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul alamin. Tiada daya upaya melainkan dengan pertolongan Allah.”
Setelah itu? Tentu kita kudu perbanyak membaca istigfar. bacaannya sendiri adalah sebagai berikut:

Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih> Artinya: “Kami memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya”

E. Keutamaan Shalat Tahajud



Sahabat Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda:
1. “Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

2. Bersabda Nabi Muhammad saw:
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam.” (HR Muslim)

3. Selain itu, Allah sendiri juga berfirman:

"Pada malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji. (QS Al-Isra’: 79)

4. Dari Jabir r.a., ia barkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. Bersabda: Sesungguhnya pada malam hari itu benar-benar ada saat yang seorang muslim dapat menepatinya untuk memohon kepada Allah suatu kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah akan memberikannya (mengabulkannya); dan itu setiap malam.” (HR Muslim dan Ahmad)

5. “Lazimkan dirimu untuk shalat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa.” (HR Ahmad)

Doa gue diakhir ketikan ini sederhana : Mudah-mudahan aje sajian khas blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiiin

sumber :
1. http://shalat-tahajjud.blogspot.com/2012/01/tata-cara-sholat-tahajud.html
2. http://www.blogiztic.net/edukasi/agama/tata-cara-sholat-tahajud.html
3. fitrakhoerulumam.blogspot.com/2012/04/tata-cara-shalat-tahajud.html
4. Buku The Power Of Tahajjud

1 komentar: