Kamis, 24 Mei 2012

Membangun Mental Juara : Pelajaran Berharga A la Jose 'The Special One' Mourinho


Halla Madriid...
Viva Mourinho...
Congratz, Mou...


Mungkin hingga detik ini, kata-kata diatas masih terlontar di ibukota Spanyol, Madrid pasca berhasil menjuarai La Liga musim 2011-2012 dan mengakhiri dominasi FC Barcelona dan Pep Guardiola yang selama empat tahun berturut-turut menguasai singgasana La Liga dan mengganggu kenyamanan para punggawa Real Madrid.

Artikel ini sendiri gue buat bukan untuk membahas kemenangan Real Madrid dalam perebutan gelar juara melawan seteru abadi mereka, Barcelona CF. Gak!! Bukan itu yang gue bakal bahas. Tapi ada faktor yang sangat menarik dibalik finish-nya FC Real Madrid di tangga pertama La Liga, hingga mereka pun diganjar juara La Liga musim ini dengan berbagai rekor yang mengekorinya. Salah satunya adalah faktor Jose Mourinho.

Jose Mourinho. Siapa coba yang gak kenal?



Pria yang lahir pada tanggal 26 Januari 1963 di Setubal, Portugal ini memang sudah membuktikan hampir segala ucapan yang bagi banyak orang mungkin hanya dianggap sebatas bualan semata. Betapa tidak? Dengan berbekal ambisi, tekad dan arogansi sikapnya? Satu demi satu ucapan dan janji Sang entrenador kepada klub yang mempekerjakannya pun ia penuhi dengan cara yang nyaris sempurna. Semua tiada lain karena ternyata dibalik bualan, kata-kata pedas dan sikapnya yang kerap mengundang kontroversi? Jose Mourinho adalah figur dengan visi, semangat dan mental juarayang luarbiasa.

Sebagai pelatih yang kini semakin diakui eksistensinya? Jose Mourinho memang terkenal sebagai sosok yang tidak hanya cerdik melempar kata-kata kekiri dan kekanan untuk memancing emosi lawannya, tapi ia adalah figur yang selalu bisa mengimbangi sisi-sisi kontroversi yang ia punyai itu dengan visi, kemauan, kemampuan serta kejelian yang luarbiasa. Sehingga setiap kali Mourinho mengeksekusi setiap langkahnya? Selalu saja ada hal positif yang mampu ia raih dan bagikan. Dan itulah sebenarnya, buah dari sikap dan mental juara yang dalam hal ini begitu jelas terpancar dari sisi seorang Jose Mourinho.

Jika kemudian bicara soal hasil dan sisi positif apabila kita memiliki mental juara? Tentu saja semua akan berujung pada satu titik. Apa itu? Kemenangan (Glory)!!


Dan Jose Morinho pun sudah membuktikannya soal yang satu ini. Saat melatih club Porto fc, Jose memberikan piala champions kepada club tersebut. Saat melatih Chelsea fc, Jose memberikan banyak piala buat club tersebut. Ketika kemudian menukangi I Nerazzuri, Intermilan? Lha wong baru beberapa bulan melatih Inter Milan, Jose telah memberikan dua buah piala buat Inter, yaitu Piala Super Italia dan Piala Eusebio. Klimaksnya ya tentu membawa Inter Milan meraih Treeble Winner : Juara Liga Champions Eropa, Juara Liga Italia dan Kampiun di Coppa Italia.

Kemudian ketika menukangi Real Madrid? Meski di awal musim, Mou belum mampu mengakhiri dominasi FC Barcelona? Namun ditahun keduanya? Dominasi FC Barcelona pun mampu ia hentikan. Guardiola selaku entrenador Barcelona pun dipaksa mengakui keunggulan strategi a la Jose Morinho. Mundurnya Guardiola dari kursi kepelatihan pun disinyalir berawal dari kegagalan Guardiola membendung taktik jitu ala Jose Mourinho.

Entahlah...!! Apakah dugaan itu benar atau justru sebaliknya. Tapi yang jelas? Meski keberadaan sosok dan taktik Jose Morinho seringkali dicap negatif oleh berbagai kalangan lantaran kerap menggunakan negative football tactics? Tapi sosok Jose Mourinho tetaplah menjadi sebuah daya tarik dan magnet tersendiri dalam jagad sepakbola Internasional. Keberadaannya yang disatu sisi selalu diliputi dengan kontroversi mampu diimbanginya dengan pembawaannya yang justru selalu dicintai dan diharapkan oleh banyak pemain.

Jose Mourinho pun mungkin layak dikategorikan sebagai figur langka yang dibalik arogansinya itu ia justru mampu menciptakan loyalitas yang hebat dari para pemain kepada dirinya. Ia lah satu diantara sedikit sosok yang mampu mempertahankan idealismenya sehingga kemudian mampu menjadikan dirinya sebagai sosok yang dihormati dan ditakuti oleh para pelatih yang menjadi lawan mainnya.

Lantas, bagaimana cara belajar mental juara dari Jose Mourinho ?


Sebagai sososk paling sentral dibalik keberhasilan sebuah klub dalam memenangkan setiap pertandingan, sosok seorang pelatih atau pun manajer sudah tentu harus mampu berperan sebagai seorang konselor pembangkit semangat yang hebat. Dan sebagai seorang konselor? Seseorang haruslah mampu mengurusi relasi antar pemain, terutama saat menghadapi rasa takut, rasa bosan dan rasa jenuh. Dan Jose Mourinho adalah seorang diantara sedikit pelatih dan manajer hebat yang tak hanya mampu konselor yang hebat, melainkan menjadi sosok teladan di dalam dan luar lapangan bagi para anak asuhnya yang mana dengan keberadaannya dimanapun itu, ia mampu membangkitkan rasa percaya diri dan keyakinan para pemainnya sehingga pada akhirnya mereka mampu berprestasi lebih.

Dan mental juara yang dimiliki Jose Mourinho inilah yang menurut banyak pihak mampu ditransfer Jose Mourinho kepada semua pemainnya dengan langkah dan cara yang tepat. Dan hasilnya? Tak hanya berbuah kemenangan team asuhannya saja yang kemudian menjadi buah dari keteguhan sikap Morinho. Lebih dari itu? Semua pemain yang pernah menjadi anak asuhnya pun mampu bertransformasi menjadi sebuah kesatuan dan team super kuat yang memiliki mental juara.

Dan Jose Mourinho? Adalah figur spesial yang dilahirkan oleh sebuah olahraga bernama sepakbola. Ialah satu diantara sedikit pelatih yang dengan kemampuan, visi dan kontroversinya justru mampu menjadikan dirinya sebagai team leader sejati,coach yang andal, seorang konselor yang hebat, sekaligus seorang motivator yang cerdas. Ialah sosok yang dilahirkan di sebuah dunia bernama sepakbola, sebuah olahraga yang tidak pernah memiliki kemenangan abadi, yang didalamnya selalu saja ada waktu untuk menang dan waktu untuk kalah.

Namun dari sanalah justru kita harus belajar dari sosok-sosok spesial seperti Jose Mourinho. Agar kelak sebagai pelaku kehidupan yang notabenenya memiliki prinsip yang sangat mirip dengan semua prinsip dalam dunia sepakbola? Kita pun mampu terlahir sebagai sosok-sosok spesial lagi tak biasa.

Spesial? Ya.. sama spesialnya dengan sosok spesial bernama Jose Mourinho yang dalam tiap langkahnya, ia tak berhenti belajar, bersikap dan menjadi teladan bagi siapapun yang ingin menjadikan diri mereka sosok-sosok pribadi yang bermental juara.

KESIMPULANNYA...

Sama seperti apa yang ditulis seorang sahabat dalam http://www.usahalink.com/artikelfull207-Belajar-Mental-Juara-Dari-Jose-Mourinho.html, jika kemudian saya ditanya tentang apa yang bisa kita ambil pelajaran dari sosok Jose Mourinho? Maka poin-poin dibawah inilah jawabannya :


1. Bahwa ternyata berbekal gelar 'The Special One' yang ia sematkan sendiri kepadanya, sosok Jose Mourinho memang terbukti mampu menjadikan dirinya sosok yang 'tak biasa' alias 'spesial. Ialah sosok yang dilahirkan sebuah cabang olahraga bernama sepakbola untuk menjadi magnet dibalik visi, misi, eksekusi plus prestasi yang ditorehkannya.

2. Bahwa Jose Mourinho adalah sosok yang mengajarkan kita bahwa dibalik arogansi sikap yang ia miliki, Jose adalah pribadi yang punya mimpi dan mampu bertindak untuk meraih juara. Seribu kerikil kecaman dilemparkan oleh orang-orang yang tidak suka padanya, tapi ia bersama mental juaranya membangun mimpi-mimpi hebat di camp pelatihan bersama para pemain.

3. Jose Mourinho pun sudah membuktikan betapa tanpa mimpi dan imajinasi untuk selalu menjadi yang terbaik dan meraih juara, maka tidaklah mungkin seseorang akan bisa memiliki mental juara untuk memenangi semua kejuaraan yang mereka ikuti.

Akhirnya : "Gelar juara memang menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki. Tetapi semua itu hanya akan menjadi sebuah impian semu belaka manakala kita tidak mengimbangi gelar itu dengan sebuah sikap dan mental yang positif, yakni sebuah sikap yang hanya dimiliki oleh mereka yang terlahir menjadi seorang juara sejati."

Sumber :
1. http://www.usahalink.com/artikelfull207-Belajar-Mental-Juara-Dari-Jose-Mourinho.html
2. http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2010/07/31/belajar-manajemen-tim-dari-jose-mourinho/
3. http://www.suzanafm.com/gibol/index.php/Life/the-mou-way-insiprasi-kepemimpinan-jose-mourinho-oleh-gheeto-tw.html
4. Buku The Mou Way karya Ghetto TW



Tulisan ini ditulis dan dimodifikasi Oleh :

Fuad Suyatman, Ch. M
Hypnoblogger, Hypnographolog and Hypnomotivator in
King Of Mind (http://seratdakwah.blogspot.com/2012/04/king-of-mind.html)
Ztrongmind (http://www.ztrongmind.net)
and
Relax's Mind (http://www.facebook.com/groups/288023281266070/)

0 komentar:

Posting Komentar