Sabtu, 10 Maret 2012

Ayo Cegah Tumbuhnya Naluri Kriminal Pada Anak

Dimodifikasi oleh :

Fuad Suyatman (Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman)
The Craziest and The Most Productive Blogger sekaligus juga
Praktisi Hypnosis solo binaan Ztrongmind -Sebuah Organisasi Hypnosis yang tengah Booming di Blora dan Kota asal Mobil Esemka,Solo


Ngebaca artikel ini sumpah kaget abis rasanya. Kenape? Karena ternyata nih... seperti yang gue kutip dari detikhealth.com? Anak-anak yang berisiko terlibat dalam tindak kriminal itu notabenenya udah bisa dideteksi sejak usia 2 tahun. Ajiiib...

Makanye kemudian banyak pakar perkembangan anak yang kebetulan meneliti fenomena ini di Inggris sono menyarankan kite semua selaku pengasuh and orang tua kudu mulai belajar buat mengenali balita-balitanya yang menunjukkan gejala or tanda-tanda keagresifitasan thu anak sejak dini. Harapannye jelas!! Bahwa dengan begitu kita bisa secepat mungkin mencari dan melakukan tindakan yang bisa diharapkan mampu mencegah perilaku buruk anak kita itu. Bahkan kalo perlu? Kita pun bisa secepet mungkin ambil langkah dengan merujuk dan mengkonsultasikan masalah kayak gini ke para spesialis.

Seorang kepala sekolah Willows School di London Barat yang kebetulan menangani siswa bermasalah, yakni Mr. Charlie Taylor seperti dilansir The Telegraph, Sabtu (10/3/2012) menyatakan bahwa :

"Kegagalan mengatasi perilaku buruk di usia muda memungkinkan gangguan pada anak-anak untuk menetap hingga mencapai usia remaja. Setiap anak bisa berbuat salah, dan yang dibutuhkan adalah sistem yang menjawab kebutuhan mereka dan membantu mereka kembali ke jalan yang benar."


Mengajarkan anak berkelakuan baik, maupun mengajarkan mereka cara bersosialisasi menurut Taylor dianggap bisa mencegah masalah berkembang lebih jauh. Terlebih lagi jika upaya itu diiringi dengan memberi pengertian kepada si anak bahwasanya mereka adalah sosok-sosok yang sangat baik yang dikirimkan Tuhan untuk mengindahkan dunia. "Dengan melakukan itu serta memberi batasan akan perilaku baik atau buruk kepada mereka akan mencegah mereka kelak tumbuh menjadi sosok-sosok berjiwa kriminil."

Dalam beberapa kasus, anak-anak ini dapat dikirim ke program pengasuhan khusus. Pada usia 5 - 6 tahun, anak-anak ini bisa ditempatkan di unit rujukan untuk mendapat perawatan dari spesialis. Menurut Taylor, banyak anak-anak bandel yang dibuang ke unit rujukan yang rendah kualitasnya. Anak-anak ini menerima sedikit pendidikan formal dan diperlakukan layaknya liburan.

Taylor menegaskan, perilaku buruk anak-anak akan jauh lebih mudah diatasi pada tahap awal sebelum menjadi kebiasaan. Sebab, mengatasi gangguan perilaku ketika anak-anak beranjak dewasa akan lebih sulit.

"Jika orang tua, guru atau pengasuh dapat melihat adanya perilaku buruk ketika anak-anak berusia 2 sampai 5 tahun, maka saat itulah spesialis bisa campur tangan. Sebagian besar penanganan bekerja efektif pada anak berusia 3- 4 tahun,
" kata Taylor.

Semua penanganan dini ini bertujuan untuk melatih anak-anak bagaimana seharusnya bertindak di sekolah dan bagaimana juga mereka musti berperilaku baik. Namun untuk mensukseskan semua upaya itu? Anak-anak ini juga harus didukung kembali ke sekolah umum secepat mungkin dan tidak menghabiskan banyak waktu di unit rujukan.


"Seringkali anak-anak ini menunjukkan perilaku ekstrem di usia yang sangat dini, mereka sangat agresif melakukan kekerasan. Kebanyakan anak-anak bermasalah ini juga sering mengalami kesulitan berbicara dan berbahasa, juga tidak dilatih menggunakan toilet,
" kata Taylor.

Pemerintah Inggris dikabarkan akan segera menyetujui usulan Taylor ini. Sebagai langkah awal dan persiapan, para guru yang ditempatkan di unit rujukan siswa akan dilatih untuk mengelola perilaku yang bermasalah.

Pertanyaannya : Itu kan di Inggris!! Lha kita? Menurut gue, justru yang kita lakuin itu jauh lebih simpel!!

1. dampingi anak kala mereka butuh pendampingan
2. jadilah sahabat buat anak bukan sekedar jadi orangtua murni yang menuntut dihormati
3. jadilah teladan anak
4. tanamkan tiga hal pada anak :
a. Bahwa Orangtualah sahabat anak
b. bahwa buku dan ilmulah sahabat anak (jadi bukan tv sahabat anak, seperti yang terjadi sekarang ini)!!
c. Bahwa Tuhan (i say : Allah) itu sayang pada anak yang baik dan sangat baik!!


sumber :
http://health.detik.com/read/2012/03/10/155805/1863491/1301/bakat-kriminal-anak-bisa-dideteksi-sejak-umur-2-tahun?l1101755

0 komentar:

Posting Komentar