Selasa, 20 Maret 2012

Jadi Relawan Itu Sehat Lho...


Ditulis Oleh : Adelia Ratnadita From detikHealth
Modif by : H. Fuad Suyatman (Haji Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman)...hehehehhee. Tua bener kesannye?
The Craziest and The Most Productive Blogger sekaligus juga
Praktisi Hypnosis solo binaan Ztrongmind -Sebuah Organisasi Hypnosis yang tengah Booming di Blora dan Kota asal Mobil Esemka,Solo

Menurut beberapa orang yang gue kenal sepak terjangnya dibidang kemanusiaan, menjadi relawan itu thu emang banyak risikonya. Tapi kata mereka, justru itulah seninya. Hanya dengan jadi relawanlah maka seseorang bisa lebih paham akan makna keadilan dan keagungan Allah. Sumpah...!!

Menurut yang gue baca barusan di detikhealth.com, selain sisi risiko, ternyata menjadi relawan adalah sarana dan cara terasyik dalam mengasah mental dan perasaan bersyukur. Kok bisa?

Ya eyalah...ajegile!! Kan Allah Maha Adil. Jadi ga mungkin banget lah kalo orang baek ntu cuman dikasih rasa susah aje. Pastinye nih? Ada lebih banyak hal indah yang dirasakan oleh orang-orang yang sangat percaya akan ke-Maha adil-an dan ke-Maha Besar-an Allah. Yah, kayak relawan-relawan gitu deh.

Dan bener aje, sob! Manakala melihat sisi positif atau manfaat jangka panjang dari kegiatan yang mana mereka terlibat sebagai relawan disana..? Gue yang kebetulan juga mengamati sekaligus terlibat di dalam dunia kerelawanan bareng temen-temen hebat gue di KRAB alias Komunitas Relawan Anak Bangsa mendapatkan kesimpulan bahwa ada semacam zat endorfin yang luarbiasa yang bener-bener bekerja dengan efek dahsyat total yang kemudian bikin temen-temen gue enoyable banget ngejalanin aktivitas mereka sebagai relawan. suerr...

Dan ternyata nih, apa yang gue sampein pun ga sepenuhnya salah, sob. Menurut beberapa ahli, jika seseorang menyisihkan sebagian waktu dalam hidupnya dengan menjadi relawan, maka secara otomatis do'i bakal ngedapetin banyak manfaat kesehatan. Hah? Sumpe loe?


Sumpe deh..!! Gue sendiri ngedapetin data ini dari detikhealth.com, dimana dalam media online itu disebutin bahwasanya ada beberapa manfaat menjadi relawan ditinjau dari aspek kesehatan sebagemana dikutip dari Ivillage, Selasa (20/3/2012). Manfaat itu antara lain:

1. Menjadi Relawan akan Menjadikan Hidup lebih indah dan lama


"Hasil studi menemukan bahwa, relawan dikaitkan dengan penurunan risiko kematian. Karena dengan menjadi relawan dapat mengelola stres dengan lebih baik. Stres merupakan faktor risiko dari beberapa penyakit kronis,"
kata Stephanie Brown, Ph.D., profesor kedokteran preventif dari Stony Brook University, New York.

2. Menjadi Relawan akan Membantu Seseorang dalam mengatasi stres

Kenapa ye bisa kayak gitu?
Karena ternyata nih..ketika akan menolong seseorang? Di dalam tubuh kita ntu seringkali akan muncul semacam hormon penghasil rasa takut. Nah, karena menjadi relawan itu sama aja mendidik dan mengenalkan tubuh sama situasi apapun? Otomatis yang namanya rasa takut itu pun bakalan dikenalin ke tubuh kita dan dikelola menjadi sesuatu yang kudu dilepasin pelan-pelan dari tubuh sang relawan. (ye iyelah.. masa iya dah ngakuin kalo dia mau komit bakal jadi relawan? dya masih tetep menjadikan ketakutan menguasai dirinya? Kan enggak gitu!!)

Jadi semakin lama berkecimpung dalam dunia relawan? Seseorang akan tanpa sadar dipaksa menlepaskan rasa takut yang do'i rasain. Nah, Teorinya? Ketika tubuh tengah mengatasi rasa takut, sesungguhnya pada saat yang sama tubuh kita thu akan melepaskan hormon yang disebut oksitosin, yang dapat membantu mengatasi stres sekaligus meningkatkan kepercayaan dan ketenangan.

3. Menjadi Relawan akan Memproduksi hormon dan bahan kimia otak yang bermanfaat

Teorinya? Ketika seseorang tengah membayangkan sedang membantu orang laen? Maka disaat yang sama pula ternyata ada bagian dari otak (sistem mesolimbic) yang menyala seketika itu juga,sob. Dan disaat seseorang berpikir mengenai apa yang ia lakukan dalam rangka menolong oranglain, maka disaat yang sama ada zat kimia yang bermanfaat dalam tubuh memulai pekerjaannya juga. Zat itu diantaranya adalah zat dopamin, yang memiliki efek menenangkan dan juga serotonin, salah satu bahan kimia otak yang meringankan depresi.

"Sementara bicara tentang sikap relawan yang pastinya identik dengan aspek kepedulian? Ternyata sifat kepedulian itu adalah sifat yang mampu meningkatkan kualitas kerja hormon oksitosin yang berfungsi membantu sel tubuh dalam proses regenerasi dan memperbaiki diri mereka. Oksitosin juga bermanfaat untuk mengatasi motivasi untuk menghindari stimulus stres sehingga dapat membantu orang lain menenangkan dan melegakan pikiran seseorang," kata Stephen G. Post, Ph.D., profesor kedokteran preventif dari Stony Brook University di New York.


4. Menjadi Relawan akan Membantu Seseorang Membangkitkan naluri menjadi orang tua yang baik


"Intinya? Memberi dan membantu orang lain dapat membangkitkan naluri menjadi orang tua yang baik," kata prof. Brown.


5. Menjadi Relawan pun Sangat Menyehatkan jantung


"Dapat mengatasi stres dengan baik tentunya akan baik dan dapat menyehatkan jantung. Memiliki tingkat tinggi kortisol dalam jangka panjang dapat buruk bagi sistem kardiovaskular," kata Prof. Post.


6. Menjadi Relawan akan Membantu Seseorang dalam Melawan depresi


"Menurut hasil sebuah penelitian, orang yang suami atau istrinya telah meninggal, yang membantu orang lain dapat sembuh dari gejala depresi lebih cepat. Membantu seseorang dapat menempatkan orang dalam suasana hati yang baik,"
kata Prof. Brown.

So? Siapa yang mau jadi relawan?
Relawan itu? Bukan cuma dengan tenaga dan pikiran aja kok, sob!! Dengan Sedekah? Ente bisa juga kok melatih jiwa kerelawanan dan kedermawanan ente semua!! Sumpah!!

Buat loe yang mau belajar jadi relawan? Ayo join bareng gue di KRAB (Komunitas Relawan Anak Bangsa). Sebuah Komunitas hasil Kerja ajaib sang takdir Allah yang menjadikan keberadaan KRAB makin hari makin berarti di hati siapapun. Kenapa? Karena kami berbagi bukan untuk apapun... melainkan untuk sebuah senyum dari puluhan juta anak putus sekolah yang semoga bisa kami rangkul kesemuanya.

Mau gabung or pengen tau soal KRAB? klik ini aja : http://www.facebook.com/groups/krab1/

sumber yang gue pake jadi referensi:

http://health.detik.com/read/2012/03/20/125759/1871938/766/jadi-relawan-itu-sehat-lho?w992201heal


dan gue ada diantara Guru-guru hebat KRAB

0 komentar:

Posting Komentar