Sabtu, 31 Maret 2012

Apakah Rokok Haram ?

Di sebarluaskan kembali oleh:

Kang Fuad Suyatman
(Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman)
The Craziest and The Most Productive Blogger
and
Praktisi Hypnosis solo binaan Ztrongmind
-Sebuah Organisasi Hypnosis yang tengah Booming di Blora dan Kota asal Mobil Esemka,Solo


Kebiasaan merokok memang mengasyikkan. Tanpa sadar berbagai macam racun berbahaya dalam kandungan rokok masuk ke dalam tubuh, memicu menjangkitnya kanker dan beberapa penyakit kronis lainnya.


Apa aja ya kandungan rokok?

Di dunia setiap tahunnya ditemukan 2,2 juta kematian akibat Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK). Dan penyakit itu mereka dapat dari kebiasaan merokok yang sudah mereka lakukan selama bertahun-tahun. Angka kematian akibat rokok ini setiap tahun akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah perokok.

Mengapa konsumsi rokok yang terus menerus bisa memicu timbulnya penyakit? Zat-zat kimia apa saja yang sebernarnya terdapat di dalam sebatang rokok sehingga menimbulkan efek yang mengerikan?

Jika Anda berpikir bahwa nikotin adalah satu-satunya kandungan rokok yang berbahaya di dalam rokok itu sangatlah salah. Nikotin Ini adalah komponen adiktif tembakau. Hal ini diserap ke dalam darah dan mempengaruhi otak dalam waktu 10 detik. Hal ini menyebabkan perokok untuk merasa relax karena neurotransmitter. Ini juga menyebabkan gelombang denyut jantung, tekanan darah, dan adrenalin (yang juga merasa baik). Akibatnya, sifat ketergantungan nikotin pada otak dan tubuh untuk sementara hilang. Perokok merasa lebih buruk jika mereka tidak merokok. Ini yang memperkuat keinginan untuk merokok lagi.

Secara keseluruhan rokok adalah campuran senyawa kompleks yang dihasilkan oleh pembakaran tembakau dan adiktif. Terlepas dari stimulan nikotin biasa, asap rokok juga mengandung tar yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia termasuk sekitar 60 bahan kimia karsinogenik yang berbahaya. Hampir semua jenis zat tersebut mematikan. Zat-zat inilah yang menyebabkan penyakit paru-paru, jantung, emphysema dan penyakit berbahaya lainnya.



kandungan rokok


Beberapa zat kandungan rokok lainnya dikenal mempunyai efek yang merugikan tulang dan kulit. Anda mungkin terkejut untuk menemukan nama beberapa bahan kimia dalam asap rokok. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sianida adalah senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
2. Benzene juga dikenal sebagai bensol merupakan senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan cairan tidak berwarna.
3. Cadmium sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif yang ditemukan baterai.
4. Metanol (alkohol kayu) adalah alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
5. Asetilena (bahan bakar yang digunakan dalam obor las) merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
6. Amonia ditemukan di mana-mana di lingkungan tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
7. Formaldehida cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
8. Hidrogen sianida adalah racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
9. Arsenik adalah bahan yang terdapat dalam racun tikus.

Sedangkan asap yang dihasilkan rokok mengandung tar. Tar itu sendiri mengandung banyak bahan beracun ke dalam tubuh. Ini adalah substansi, tebal lengket, dan ketika menghirup itu melekat pada rambut-rambut kecil di paru-paru. Organ ini melindungi paru-paru dari kotoran dan infeksi, tapi ketika tertutup tar organ ini tidak dapat melakukan fungsinya. Tar juga melapisi dinding sistem respirasi secara keseluruhan, mempersempit tabung yang transportasi udara (yang bronchioles) dan mengurangi elastisitas paru-paru. Yang pada akhirnya menyebabkan kanker paru-paru dan penyakit pernafasan kronis.

Selain itu asap ini juga mengandung karbon monoksida. Karbon monoksida adalah bahan kimia beracun ditemukan dalam asap buangan mobil. Hal inilah yang kemudian bisa menurunkan jumlah oksigen dalam darah dan menghalangi semua kinerja organ pensuply oksigen di dalam tubuh. Karena tubuh kurang oksigen membuat jantung mengalami penebalan dan bekerja lebih keras memompa darah. Inilah penyebab utama seorang perokok bisa mengalami serangan jantung secara mendadak.



Ketika Islam Mengkaji Masalah Rokok


Rokok memang belum ada di masa Rosulullah Shallallohu ‘alaihi Wa Sallam. Namun Islam telah datang dengan membawa kaidah-kaidah yang umum yang mengharomkan setiap perkara yang membahayakan badan atau mengganggu orang lain atau merugikan harta. Berikut ini dalil-dalil tentang hukum rokok.

- Allah Ta’ala berfirman (yang artinya): “Dan Allah menghalalkan bagi mereka semua perkara yang baik dan mengharamkan semua yang buruk.”(Al-A’rof:157). Rokok termasuk hal yang buruk yang memudharatkan lagi busuk baunya.

- Allah pun berfirman (yang artinya): “Dan Janganlah kalian menjatuhkan diri sendiri dalam kebinasaan.”(Al Baqoroh:195). Rokok menimbulkan penyakit-penyakit yang membinasakan seperti kanker, TBC, dan lain-lain.

- Allah juga berfrman (yang artinya):“Dan janganah kalian membunuh diri-diri kalian.”(An Nisaa:59). Rokok membunuh jiwa secara perlahan.

- Allah berfirman tentang bahaya khamr (yang artinya): “Dan dosanya lebih besar daripada manfaatnya.”(Al Baqoroh:219). Bahaya rokok pun lebih besar dari manfaatnya, bahkan keseluruhannya merupakan kemudharatan.

- Allah berfirman (yang artinya): “Dan janganlah engkau menghambur-hamburkan harta dengan boros, sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan.”(Al-Isro:26-27). Rokok adalah pemborosan dan penghambur-hamburan terhadap harta, termasuk amalan setan.

- Rasulullah Shallalohu ‘alaihi Wa Sallam bersabda (yang artinya): “Tidak boleh ada kemudharatan, tidak boleh ada perbuatan memudharatkan.”(Shahih diriwayatkan Imam Ahmad). Rokok memudharatkan (membahayakan) penghisapnya, mengganggu orang-orang di sekitarnya dan memboroskan harta.

- Rasulullah Shallalohu ‘alaihi Wa Sallam bersabda (yang artinya): “Dan Allah membenci bila kalian membuang-buang harta.”(Mutaffaqun ‘Alaih). Rokok merupakan pembuang-buangan terhadap harta maka Alloh membencinya.

- Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda (yang artinya), “Perumpamaan kawan duduk yang baik dengan kawan duduk yang jelek adalah adalah seperti pembawa minyak wangi dan peniup api tukang besi.“(Riwayat Bukhary-Muslim). Perokok adalah kawan duduk yang jelek yang meniup api.

- Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda (yang artinya), “Barangsiapa yang meniup racun hingga mati maka racun tesebut akan berada di tangannya lalu dihirupkan selama-lamanya di neraka Jahannam.“(Riwayat Muslim). Rokok mengandung racun nikotin yang membunuh penghisapnya perlahan-lahan dan menyiksanya.

- Rasulullah Sholallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda (yang artinya), “Barangsiapa yang memakan bawang putih atau bawang merah, maka hendaknya menyingkir dari kita dan menyingkir dari masjid dan duduklah di rumahnya.“(Riwayat Bukhari-Muslim). Rokok lebih busuk baunya dari bawang putih maupun bawang merah.

Sebagian ahli fiqih mengharamkan rokok. Sedang yang tidak mengharamkannya belum melihat bahaya yang nyata yang ditimbulkan, seperti bahaya penyakit kanker. Apabila orang membayar uang 1 lira, kita pasti mengatakannya ia orang gila. Bagaimana orang yang membakar rokok yang harganya ratusan lira yang berakibat membahayakan dirinya dan orang-orang di sekitarnya? Dari semua hadits maupun ayat Al Qur’an tersebut di atas, maka jelas bahwa rokok termasuk diantara semua yang negatif yang membahayakan penghisapnya dan orang-orang di sekitarnya.

Apakah anda masih termasuk orang yang beragama dan berperasaan? Apabila rokokmu membuat orang terganggu dan mengotori udara, maka mengotori udara hukumnya haram sebagaimana mengotori air yang dapat membahayakan orang. Andaikata kita bertanya kepada orang yang merokok, apakah perbuatanmu (merokok) akan dimasukkan ke dalam amal baik atau amal buruk? Pasti ia menjawab bahwa rokoknya tersebut termasuk dalam amal buruk.

Memohonlah kamu agar kamu bisa meninggalkan rokok, karena barang siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, maka Allah akan memberi pertolongan. Dan bersabarlah kamu, karena Allah bersama dengan orang-orang yang sabar.



Nah, ini dia Sahabat yang punya media pengganti rokok


Pengganti rokok yang satu ini mirip rokok asli, berasa seperti rokok, berasap, tetapi tidak mengandung 4000 lebih bahan berbahaya yang terdapat pada rokok. Alat bantu berhenti merokok.

1. rokok elektronik

Cara Berhenti Merokok dengan Bantuan Teknologi

Bagi Anda yang masih sulit untuk berhenti merokok ada baiknya mencoba pengganti rokok ini. Kenapa?

Kadar nikotin dalam pengganti rokok bisa diatur. Jika Anda termasuk perokok berat, Anda bisa mengurangi kadar nikotin pada pengganti rokok secara bertahap. Mulai dari yang high, low dan non nikotin. Bahkan dengan kadar nikotin tertinggi pun nikotin yang dihasilkan jauh lebih rendah daripada rokok dengan claim kadar nikotin terendah.

Pengganti rokok ini tidak mengandung 4000 zat berbahaya dalam rokok yang bisa menimbulkan penyakit. Rokok ini sama sekali tidak mengandung tar yang menyebabkan resiko terkena penyakit paru-paru dan jantung.

Dengan asap buatan yang berasal dari bahan refill yang tidak berbahaya. Seperti uap air, asap ini hilang di udara dan tidak meninggalkan bau. Bahkan Anda tetap bisa merokok walaupun sedang berada di ruangan ber-AC. Tidak ada bau khas rokok yang biasa tercium dalam ruangan setelah merokok.

Tidak membuat gigi kuning. Jika seorang perokok menggunakan rokok konvensional selama bertahun-tahun, giginya akan cenderung menguning. Hal ini dikarenakan zat-zat yang terkandung di dalam rokok menempel di gigi dan sulit untuk dibersihkan meskipun Anda rajin menyikat gigi. Tentunya akan sangat menggangu penampilan.

Pengganti rokok ini memiliki sensasi yang tidak dimiliki oleh rokok konvensional. Anda dapat mengganti-ganti rasa rokok yang dihisap. Misalnya saja rasa coffee, mild, menthol, marlboro, tembakau dan lain sebagainya.

Aman bagi kesehatan


Pada bulan September 2008, organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan bahwa pemakaian pengganti rokok sebagai rokok pengganti tidak berbahaya. Bahkan penggunaan rokok ini tidak berdampak buruk bagi kesehatan seperti rokok konvensional. Sangat aman dan efektif.

Jika Anda masih sulit untuk meninggalkan rokok, ada cara lain untuk tetap merokok tanpa mengganggu kesehatan. Dengan pengganti rokok ini, merokok jadi lebih aman, tidak menggangu orang lain dan ramah lingkungan. Jika sudah terbiasa meninggalkan rokok konvensional, Anda bisa berhenti merokok dengan mudah.

2. rokok elektronik


Harga pengganti rokok Rp. 115.000
Isi paket: 1 unit rokok elektronik, 10 buah cartridge, 1 charger usb, 1 charger mobil, 1 charger rumah (sudah bisa dihisap/dipakai)

Liquid / cairan isi ulang Rp. 55.000/botol (kalau cartridge habis tidak perlu beli cartridge yang mahal, cukup beli liquid-lama habisnya, grade Eropa)
Rasa: Kopi, Marlboro, Sampoerna Mild, Mint/menthol, Tembakau/Tobacco

Tidak menimbulkan abu. Tanpa api, sehingga tidak menimbulkan panas di lidah dan tenggorokan. Menyala ujungnya seperti rokok - berasap seperti rokok - tetapi tidak mengandung bahan berbahaya seperti rokok.

"Rasakan hasilnya hanya dalam 3 hari, badan segar seperti berhenti merokok. Gusi tidak berdarah, tidak cepat capek, lidah dan tenggorokan tidak panas. Mulut dan ruangan tidak bau rokok lagi. Anda akan berterima kasih kepada saya nanti :D"

Pemesanan:

Telp/sms: 0878-5150-9333 dengan Fenny/Andy.
Yahoo messenger: andywijaya_2001
Facebook: facebook.com/gadgetunik

Sumber:

1. http://bahayamerokok.net/kandungan-rokok.html

2. http://ghuroba.blogsome.com/, Dinukil dari kitab “Risalah Taujihat Islamiyah”, Judul dalam edisi Indonesia “Bimbingan Islam untuk Pribadi dan Masyarakat”,Penulis: Syaikh Muhammad Bin Jamil Zainu, Penerbit Darul Khair, Jeddah.

2. http://www.facebook.com/groups/sedekahisthebestmedicine/permalink/327674193959806/
3. http://bahayamerokok.net/pengganti-rokok.html

Semoga bermanfaat dan bisa mengabil hikmahnya, bagi siapa saja jika note ini bermanfaat, silahkan mengshare ataupun mengcofi, syukran.

~~ Salam Santun Erat Ukhuwah FIllah. ^_~

0 komentar:

Posting Komentar