Senin, 05 Maret 2012

Change to Growth



Written by :
Fuad Suyatman, Ch. M.

Hypnoblogger, Hypnographolog and Hypnolove Master in



1. King Of Mind

(http://seratdakwah.blogspot.com/2012/04/king-of-mind.html)

2. Ztrongmind

(http://www.ztrongmind.net)
and
3. Relax's Mind

(http://www.facebook.com/groups/288023281266070/)
Surakarta



Tulisan ini terus terang gue ambil dari tulisan Paulus Winarto di situs http://www.andriewongso.com. Tulisan tentang perubahan ini lantas gue modif biar kagak ngebosenin,hehehe. Bicara soal penulis aslinya?

Gue sendiri mengenal Pak Paulus sebagai salah satu motivator ulung, yang ternyata setelah gue searching di google? Beliau juga merupakan pemegang 2 Rekor Indonesia dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yakni
1. sebagai pembicara seminar yang pertama kali berbicara dalam seminar di angkasa dan
2. penulis buku yang pertama kali bukunya diluncurkan di angkasa.

Yang gue tahu juga, sejumlah buku yang ditulisnya tercatat sebagai karya yang masuk dalam kategori best seller seperti Buku yang berjudul = Al: First Step to be An Entrepreneur, Reach Your Maximum Potential dan Melangkah Maju di Masa Sulit).

Lha sebelum terjun berwirausaha dalam bidang seluler dan baso malang, Putra Pertiwi kelahiran Sorong (tanah Papua) 17 Agustus 1975, ini pernah berkarya sebagai wartawan, praktisi public relations, dan praktisi pemasaran. Alumnus Universitas Katolik Parahyangan, Bandung, ini banyak menimba ilmu kepemimpinan dari guru kepemimpinan internasional, Dr.John C. Maxwell. Di mata guru marketing, Hermawan Kartajaya, Paulus Winarto adalah "manusia kompleks". Ia dapat dihubungi melalui e-mail: pwinarto@cbn.net.id(nat)atau mengunjungi www.pauluswinarto.com

OK!! Balik lagi untuk ngebicarain topic yang diangkat oleh seratdakwah kali ini, yaitu tentang memaknai perubahan. Dalam artikel pak Paulus Winarto di andriewongso.com yang berjudul Change for Growth, beliau mengetengahkan sebuah kalimat dari Leo Tolstoy yang jujur ketika gue baca itu kalimat, gue jadi keder sendiri. Bukan!! Bukan lantaran gue ga bisa bahasa Inggris (ajegile...5 taon di Jeddah make Bahasa Inggris mulu, masa iya kagak paham ama bahasanya si Pangeran William? *belagu.com*). Gue keder karena sebelum gue baca kalimat Tolstoy itu? Gue adalah sosok yang super dupper percaya kalo kita ga usahlah berpikir buat ngerubah diri. Kenapa? Karena gue anggep tanpa merubah diri itu ga perlu, sob!! Kita ini kan dah diciptain Allah sebagai khalifah fil ardh. So? Ngapain juga kudu berubah?

Tapi ternyata itu salah, sob!! Gue sendiri pernah baca di Alqur'an, tepatnya di Qs. Ar Ra'du ayat 11 dimana Allah berfirman begini -->

إن الله لا يغير ما بقوم حتى يغيروا ما بأنفسهم

Maksudnye ape,sob?

Maksudnye...lewat ayat ntu? Kita thu diingetin Allah : “Sesungguhnya Allah tidak mengubah apa yang ada pada sebuah kaum hingga mereka mengubah apapun yang ada pada diri mereka.” (QS Ar Ra’du 11)

Dan ayat itu kemudian melahirkan sebuah gagasan yang Justru dateng dari kalangan Non Islam. Tepatnya dari seorang pakar (pastinya dia laki-laki, kalo cewek? pasti bukar namanya!! hehhe..jayus!!) bernama Leo Tolstoy. Apa dia bilang?

"Everyone thinks of changing the world, but no one thinks of changing himself."

Dan itu bener!! Karena emang faktanya begitu itu sifat manusia. (apalagi gue yang sering ga nyadar betapa gue kudu ngerobah kekurangan gue untuk kemudian menyeimbangkan langkah menuju semangat perbaikan dunia)


Pak Paulus -lewat artikelnya- kemudian menceritakan sebuah kisah sepasang suami-istri yang tengah putus asa kemudian pergi ke seorang ahli jiwa untuk berkonsultasi tentang perilaku anaknya yang sejak beberapa waktu lalu, anak itu suka sekali naik kuda-kudaan milik anak tetangganya dan tidak mau turun, padahal ia sendiri memiliki tiga kuda-kudaan di rumahnya.

Singkatnya? Sang ahli jiwa kemudian mendatangi anak tersebut sambil mengelus-elus rambutnya, ia menunduk lalu membisikkan sesuatu ke telinganya. Segera anak itu turun dari kuda-kudaan dan dengan manis mengikuti kedua orang tuanya pulang. Sontak aje kedua orangtua si anak itu kaget dan menanyakan kejadian itu sama sang ahli.

"Pegimane critanye ye? Kok Bapak bisa ngebujuk anak kami biar turun dari kuda? Emang Bapak ngomong ape?" tanya orang tua sang anak kepada ahli jiwa dengan Inggris yang udah ditranslate ke Bahasa Betawi.

Sang Propesor yang ditanya gitu kemudian cuman senyum aje sambil bilang perlahan : "Sederhana aje sih, Mpok!"

"Ane cuman bilang ame anak Abang and Mpok, kalo emang die kagak mao turun dari kuda-kudaan sekarang juga, die bakalan gue bikin demek bin benjut lantaran ane emang terkenal hobby nabokin orang ampe teler! Dan ane bilang juga kalo Mpok ame Abang udah Redho Lillahi Ta'ala kalo aye kayak gitu. Mana Ane dibayar pula buat kayak gitu!! So?" jawab sang profesor sambil balik nanya.

Cerita yang aslinya diadaptasi dari buku Doa Sang Katak2 karya Anthony de Mello SJ ini seakan-akan mengingatkan kita kembali bahwa sering kali perubahaan baru benar-benar terjadi setelah kita mendapatkan tekanan dari luar. Emang ada juga sih, perubahan yang benar-benar datang dari dalam hati (internal), bukan karena faktor eksternal. Contohnya ialah kisah Ippho Santosa si Anak Daerah yang namanya melejit via dua bukunya. 7 Keajaiban Rezeki dan Percepatan Rezeki yang seminar kedua buku itu udah sampe kemana-mana gema dan gaungnya. Dalam seminar yang gue ikutin dulu, dia pernah bercerita bahwa dia ini cuman laki-laki daerah yang miskin dan berpenyakitan pula. "Jangankan seperti ini? Kebayang ke Jakarta aja nggak?" katanya.

Tapi? Dengan penuh perjuangan ia akhirnya berhasil menjadi motivator terkemuka Indonesia yang seminarnya bahkan sudah menembus belahan negara lain. Kuncinya? Kemauan merubah diri. Buat apa? Apalagi kalo bukan buat satu tujuan : BERKEMBANG!!


5 Kunci Perubahan

Ada 5 Kunci perubahan ala Paulus Winarto :

Pertama, sadarilah bahwa perubahan diri adalah tanggung jawab Anda pribadi. Pihak luar atau situasi hanyalah bisa menjadi stimulus namun komitmen untuk berubah harus datang dari dalam diri sendiri. John C. Maxwell dalam buku Thinking For a Change mengatakan pada dasarnya perubahan bersifat 3P:

1. Change is Personal - I need to change.
2. Change is Possible - I'm able to change.
3. Change is Profitable - I'll be rewarded by change.


Kedua, ambil waktu untuk menentukan apa yang Anda inginkan di masa mendatang. Ini berkaitan dengan visi hidup Anda. Dengan kata lain, perubahan positif apa yang Anda ingin lihat terjadi masa mendatang.

Ketiga, uraikan manfaat-manfaat positif apa yang kiranya bisa Anda dapatkan jika Anda sungguh-sungguh mau berubah dan memperjuangkan visi Anda. Seringkali komitmen untuk berubah mudah pudar di tengah jalan karena kita mengalihkan fokus kita kepada hambatan yang ada. Kita merasa harga yang kita bayar terlalu tinggi atau terlalu mahal untuk sebuah perubahan. Itulah sebabnya, ada baiknya, kita mengkalkulasi manfaat-manfaat positif perubahan sejak awal. Bahkan, ada baiknya juga kita mengkalkulasi dampak yang akan kita alami jika kita tidak berubah.

Keempat, miliki teman pendukung perubahan. Semangat serta komitmen untuk berubah akan semakin kuat jika kita memliki teman-teman yang mendukung kita. Mereka bisa saja mentor, sahabat, pasangan hidup, dan sebagainya. Dengan mereka kita bisa berdiskusi mengenai strategi perubahan bahkan mereka bisa kita minta menjadi rekan untuk mengingatkan kita dalam proses perubahan. Tambahkan juga doa sebagai pendukung Anda untuk berubah.

Kelima, perjuangkan perubahan dengan sepenuh hati. Maxwell benar ketika berkata, "Tidak mengetahui apa yang Anda inginkan adalah masalah pengetahuan. Tidak mengejar apa yang Anda inginkan adalah masalah motivasi. Tidak mencapai apa yang Anda inginkan adalah masalah ketekunan."

Dan semoga berawal dari blog inilah impian dan langkah perubahan gue dari sekedar sang pemimpi menjadi THE REAL HYPNOMOTIVATOR bener-benar bisa terwujud. Begitu juga loe semua yang ngebaca blog ini.

Salam SARAP (Sukses, Antusias, Respek, Agamis dan Patriotis)

Fuad Suyatman
The Richest Blogger dan Kakak Blogger Indonesia tahun 2012-2020

sumber:

1. http://www.andriewongso.com/artikel/1/Artikel_Tetap/halaman_2/
2.http://www.andriewongso.com/artikel/artikel_tetap/4684/Change_For_Growth/
3. http://www.andriewongso.com/artikel/artikel_tetap/4687/Change_For_Growth/
4. http://lembagadakwahkampus.wordpress.com/2009/06/18/tafsir-ar-ra%E2%80%99du-11/
5. http://www.bukabuku.com/authorscorner/detail/1914/paulus-winarto.html

0 komentar:

Posting Komentar