Kamis, 23 Februari 2012

Ciri-ciri Orang Kena Diabetes

Oleh : Fuad Suyatman alias Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman (The Richest and Inspirational Blogger of The year versi majalah Luarbiasa, Amiin)

Info ini awalnya gue dapet dari Detikhealth terus gue kembangin lagi. Semoga manfaat yo, Guys!

Menurut ape yang gue baca di Detikhealth sore ini, yang namanya diabetes itu merupakan sebuah penyakit kronis yang jika tidak dikontrol dengan baik akan bisa memicu berbagai komplikasi yang berbahaya. Makanya itu, rasanya penting bangetlah buat kita mengenal dan mengetahui ciri-ciri yang dimiliki seseorang jika terkena diabetes.


Berdasarkan apa yang gue baca di : http://edanelink.wordpress.com, Pengertian Diabetes Mellitus adalah sebuah istilah atau sebutan buat penyakit yang di Indonesia dikenal dengan nama penyakit gula atau kencing manis.

Istilah Diabetes Mellitus ini sendiri berasal dari bahasa Yunani : a. Diabetes artinya mengalir terus, dan mellitus yang artinya madu atau manis.

Dengan demikian istilah Diabetes Mellitus ini menunjukkan tentang : "Suatu keadaan dimana di dalam tubuh penderita ada cairan manis yang mengalir terus."

Penyakit Diabetes mellitus ini biasa timbul secara mendadak pada anak-anak and orang dewasa muda. Pada orang yang telah berumur, penyakit ini sering muncul tanpa gejala dan kerap baru diketahui bila yang bersangkutan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Apabila penyakit ini dibiarin tidak terkendali atau penderita tidak menyadari penyakitnya bertahun tahun kemudian akan timbul berbagai komplikasi kronis yang berkaitan fatal, seperti penyakit jantung, terganggunya fungsi ginjal, kebutaan, pembusukan kaki yang kadang memerlukan amputasi, atau timbulnya impotensi yang sangat merisaukan.

Saat ini, diabetes mellitus ini bukan hanya dianggap sebagai gangguan metabolisme karbohidrat, tetapi juga mencakup metabolism protein dan lemak yang diikuti dengan komplikasi yang bersifat kronis terutama terjadi pada struktur dan fungsi pembuluh darah. Oleh karena itu, setiap orang sangat dianjurkan sedini mungkin mewaspadainya dan segera memulai usaha pencegahan.

Penyakit diabetes adalah gangguan penggunaan glukosa yang terjadi di dalam tubuh. Diabetes tidak terjadi secara begitu saja. Sebelum didiagnosis menderita diabetes ia mengalami fase normal, lalu meningkat menjadi prediabetes dan akhirnya menderita diabetes.

NAH TRUS? APE TANDA-TANDA ORANG KENA DIABETES MELLITUS?


Tanda-tanda seseorang terkena diabetes seperti dilansir dari diabeteslibrary, Kamis, (23/2/2012) adalah:

1. Sering buang air kecil

Buang air kecil ini emang bakal jadi sering kalo di dalam darah kite ada terlalu banyak glukosa. Lha kalo ampe kayak gitu dimane kadar insulin alias hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat ini sedikit ato malah kagak ada? Maka ginjal kite lantas kagak bisa menyaring glukosa untuk kembali ke darah. So? Endingnya? Ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal inilah yang kata data yang dilansir dari diabeteslibrary bakal bikin kandung kemih penuh dan orang jadi sering pipis.

2. Sering merasa haus


Nah, karena sering buang air kecil, so orang yang diduga kena diabetes ini bakal jadi sosok manusia yang lebih sering haus, lantaran proses penghancuran glukosa yang sulit bikin air di dalam darah tersedot untuk menghancurkannya. Karenanya seseorang perlu minum lebih banyak untuk menggantikan air yang hilang.


3. Berat badan turun cepat


Pada penderita diabetes tipe 1 (yaitu para penderita diabetes akibat faktor genetik),karena serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun yang menyerang para penderita diabetes, organ ini (pankreas) bakal berhenti membuat insulin alias hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat. Akibatnya tubuh sulit mencari sumber energi karena sel-sel tidak memperoleh glukosa sehingga memecah jaringan otot dan lemak untuk energi sehingga berat badan terus menyusut.

Sementara, pada penderita diabetes tipe 2 ( yaitu para penderita diabetes akibat faktor perubahan gaya hidup), penurunan berat badan terjadi secara bertahap dengan peningkatan resistensi insulin sehingga penurunan berat badan tidak begitu terlihat.

4. Merasa lemah dan gampang kelelahan

Kenapa para manusia yang diduga menderita diabetes mengalami cepat lelah? Gak lain gak bukan adalah karena produksi glukosa mereka yang terhambat sehingga membuat sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk diubah jadi energi kemudian tidak berjalan sebagaimana mestinya. Lha karena sel energi itu tidak mendapat asupan maka orang yang diduga mengidap diabetes akan merasa cepat lelah.

5. Sering kesemutan di kaki dan tangan

Gejala yang satu ini disebut oleh para ahli sering disebut gejala neuropati. Gejala kayak gini sendiri terjadi secara bertahap karena glukosa dalam darah sangat tinggi dan sudah merusak sistem saraf. Sayangnya, orang-orang sering tidak menyadari bahwa gejala yang seperti itu merupakan salah satu pertanda gejala diabetes dimana kondisi gula darah tinggi pada dasarnya mungkin telah terjadi beberapa tahun sebelum diagnosa. Dimana saat itu kerusakan saraf dapat menyebar tanpa diketahui.

6. Gejala lain

Selain itu ada pula gejala lain yang bisa muncul seperti penglihatan kabur, kulit kering atau gatal, sering infeksi atau luka dan memar, yang membutuhkan penyembuhan dalam waktu lama merupakan tanda-tanda lain dari diabetes.


CEGAH DAN KENDALIKAN DIABETES

Mengingat bahaya dan komplikasi yang dapat disebabkan penyakit diabetes, maka menghindari atau mengendalikan kadar gula yang tinggi adalah cara terbaik. Bagaimana caranya?

Berdasarkan paparan http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/271-diabetes-penyakit-gula.html#pencegahan, cara - cara mencegah diabetes dapat kite lauin dengan aneka tips dibawah ini :

Pertama,Menurunkan berat badan. Kenapa kudu begitu? Gak lain gak bukan (masih dari sumber yang sama) disebabkan karena lemak dalam tubuh kita ini ternyata dapat menyerap insulin alias hormon yang mengatur metabolisme karbohidrat.

Kedua, Hindari makanan yang berlemak dan diawetkan. Hindari juga makan goreng-gorengan secara berlebihan (apalagi sampe makan penggorengannya? Jangan! entar dikira ente pemaen debus,hehhehe).

Ketiga, pilih makanan yang berserat tinggi dan glukosa kompleks.

Keempat,
Kurangi makanan manis atau yang berkalori tinggi yang mengandung banyak glukosa.

Kelima,Minum banyak air.


Keenam,
Berolahraga secara teratur.

Dan ketujuh, Hindari alkohol dan jangan minum softdrink berlebihan.

Kedelapan,Hindari merokok. Kenapa? Karena mmenurut sumber yang sama bilang : Penderita diabetes yang merokok bahkan lebih berisiko, karena kebiasaan mereka merusak jantung serta sistem sirkulasi, dan mempersempit pembuluh darah. Dan sebuah referensi menyatakan bahwa 95 persen amputasi yang berkaitan dengan diabetes dilakukan pada para perokok.

Kesembilan, Hindari stres (jleb...gue kena)

Kesepuluh,Kalo udah kena? Dianjurkan buat loe-loe yang ngidap diabetes ini buat minum obat yang dianjurkan dokter untuk menurunkan kadar gula and buat loe para penderita diabetes tipe 1, pemberian insulin secara teratur perlu diberikan melalui terapi insulin.

Catatan : Obat penyembuh diabetes memang tidak ada, tetapi dengan mengendalikan gula dalam darah, seseorang dapat terhindar dari bahaya penyakit ini. Mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih baik dan lebih sehat harus dijalankan. Orang-orang yang menduga bahwa dirinya menderita diabetes hendaknya memeriksakan diri ke dokter yang telah berpengalaman dalam pencegahan dan penanganan penyakit diabetes.


Pesen gue dan pengelola web yang jadi rujukan gue : Bagikan dan sebarluaskan artikel ini!


SUMBER

1. http://edanelink.wordpress.com/2009/01/31/pengertian-diabetes-mellitus-diabetes-mellitus-adalah-istilah-untuk-sebutan-penyakit-yang-di-indonesia-dikenal-dengan-nama-penyakit-gula-atau-kencing-manis-istilah-ini-berasal-dari-bahasa-yunani-dia/
2. http://health.detik.com/read/2012/02/23/145215/1850000/766/7/ciri-ciri-orang-kena-diabetesl1101755
3. http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/271-diabetes-penyakit-gula.html

Reaksi:HJHJ

1 komentar: