Senin, 13 Februari 2012

KECERDASAN ASPIRASI


Merupakan sebuah karya sederhana dari :

Fuad Suyatman, Ch. M.

Hypnoblogger, Hypnographolog and Hypnomotivator in

1. King Of Mind
(http://seratdakwah.blogspot.com/2012/04/king-of-mind.html)
2. Ztrongmind
(http://www.ztrongmind.net)
and
3. Relax's Mind
(http://www.facebook.com/groups/288023281266070/)
Surakarta


Bicara soal kecerdasan? Ternyata ada satu tema kecerdasan yang jarang sekali kita bahas kalau kita lagi ngomongin soal otak, IQ dan intelejensia. Kecerdasan apakah itu?

Yup... itulah kecerdasan aspirasi. kecerdasan ini tiada lain adalah pengembangan lebih lanjut akan kecerdasan imajinasi, sebuah kecerdasan yang oleh Albert Einstein diakui jauh lebih berpotensi mencerdaskan daripada 'hanya' cerdas dalam hal ilmu pengetahuan saja.

"Sesungguhnya kecerdasan imajinasi itu jauh lebih penting daripada ilmua pengetahuan itu sendiri."


Begitulah kata-kata Einstein yang sangat merasuk dalam otak sengkleh saya.Bicara imajinasi? Saya kemudian mencari artikel-artikel via mbah google, hal-hal yang berkenaan dengan imajinasi dan kecerdasan. Hasilnya?

Saya kemudian menemukan blog sodara saya yang bicara sekilas tentang kecerdasan dan imajinasi.Ngomong-ngomong soal pengakuan bahwa blogger yang memberikan info kepada saya adalah saudara baik saya? Tolong jangan kaget!! Karena saya ini adalah tipikal manusia versi SKSD Mania alias Sok Kenal Sok Dekat Mania sehingga semua blogger saya anggap mau bersaudara sama saya,hahahahhay)

Dalam blog miliknya : http://banyubiru3prast.wordpress.com/2011/06/04/mengembangkan-kecerdasan-logika-pada-anak/, --> saudara saya itu mengatakan begini melalui blognya :

"Bahwasanya sekarang seringkali kita dapatkan betapa masih banyaknya orang tua yang stress manakala mengetahui anaknya memiliki nilai matematika yang rendah!”.


Hal ini sendiri -katanya- bukanlah sebuah fenomena tanpa dasar mengingat betapa kecerdasan itu notabenenya selalu diidentikkan dengan nilai matematikanya yang baik. Maka yang terjadi kemudian adalah betapa banyak orang tua yang sangat membanggakan nilai matematika anaknya yang tinggi sementara sebagian mereka begitu kecewa karena nilai psikotes anaknya yang rendah.

padahal, masih menurut saudara saya itu, nilai atau skor IQ tidaklah menentukan anak sukses dimasa depan. Banyak contoh dimana anak dianggap bodoh dan dikeluarkan dari sekolah tetapi bisa sukses di dunia kehidupannya. KENAPA DEMIKIAN?

Yup... karena pada dasarnya setiap anak itu adalah pribadi super cerdas. Sangatlah mungkin rasanya meski di satu sisi anak kita adalah sosok yang bernilai rendah di logika matematika tapi di sisi lain ia adalah sosok yang memiliki kecerdasan yang tinggi dibidang seni (misalnya). Oleh karena itu adalah tugas dari orang tualah untuk belajar mengenal serta mempelajari bakat anak sejak dini untuk kemudian fokus pada kelebihan anak itu.

Dan diantara kelebihan yang ternyata belum banyak diketahui oleh kita yaitu : kecerdasan yang oleh penulis buku The Power Of Dream, Mas Danang A. Akbarona di sebut sebagai KECERDASAN ASPIRASI.


APAKAH ITU KECERDASAN ASPIRASI?

Diambil dari buku : Kecerdasan Milyuner, terbitan Ahaa, Bandung Tahun 2003 Kecerdasan aspirasi adalah kecerdasan dalam mengelola impian YAITU : kecerdasan yang dimiliki manusia dalam hal MENGENALI DAN MENGELOLA impiannya.

SEMENTARA ITU IMPIAN YANG BAIK (yang merupakan penunjang utama kecerdasan ini) sebagaimana dijelaskan pula dalam buku Kecerdasan Milyuner adalah MIMPI YANG mampu DIKENAL dengan sangat BAIK OLEH TUBUH KITA yang mana mimpi tersebut bukan lagi sebagai sesuatu yang tanpa bukti melainkan MIMPI TERSEBUT MERUPAKAN SEBUAH ENERGI PENDORONG yang amat dikenali ALAM BAWAH SADAR dan alam supersadar kita YANG MANA BENTUK DARI ENERGI TERSEBUT OLEH ALAM BAWAH SADAR DAN ALAM SUPERSADAR KITA DIKENALI SEBAGAI SESUATU YANG SANGAT JELAS DAN SPESIFIK

Maka untuk mengetahui dan memiliki kecerdasan aspirasi ini? ANDA HARUS MENGENALI DULU IMPIAN ANDA.

Mimpi yang baik
adalah mimpi yang positif yang dihasilkan dari memori tentang sesuatu pemikiran dan cita yang positif yang diucapkan dengan kalimat-kalimat yang positip yang dari hal-hal positip tersebut akan hadir energi positip yang mengiringi proses perjalanan impian menuju on becoming process yang kelak dengan energi itu akan menyampaikan kita pada proses “dream come true”.

Adapun mimpi yang baik dan sehat ini sendiri diklasifikasikan memiliki dua ciri utama:

Pertama, Bahwasanya mimpi yang baik lagi menginspirasi adalah mimpi yang mampu menjadi salah satu energi pendorong menuju keberhasilan sang pemilik impian, kedua,mimpi yang baik lagi menginspirasi merupakan mimpi yang kehadirannya bukan lagi sekedar berfungsi sebagai bunga tidur melainkan sebagai sebuah isyarat Allah yang memang menginginkan kita berubah ke arah yang positip


PARA PEMILIK KECERDASAN ASPIRASI?

Sosok-sosok yang dianggap memiliki kecerdasan impian (dan kecerdasan aspirasi) menurut Danang A. Akbarona dalam bukunya "The Power Of Dream" adalah mereka yang memiliki kemampuan dalam hal mencerminkan kejelasan mimpinya lewat aneka sikap dan pernyataan mereka yang begitu spesifik. Maksudnya adalah bahwasanya "Sang pemilik kecerdasan impian tiada lain adalah mereka yang apabila diberi pertanyaan akan keinginan yang mendasari impian terbesar mereka, maka ia pun kemudian mampu mendeskripsikan cita-cita dan keinginan itu dengan sejelas mungkin."

Dalam pengertian yang lain, sang pemilik kecerdasan impian (kecerdasan aspirasi/Aspiration Quotient) merupakan sosok yang dikenal sebagai pribadi tangguh yang memiliki kemampuan yang baik dalam rangka menjelaskan dan merumuskan keinginannya secara sangat spesifik dan sangat jelas. Sehingga kelak jawaban yang ia berikan apabila ditanya mengenai impian terbesarnya itu akan mampu menjadikan dirinya memiliki energi yang terus meningkat, rasa istiqamah/kesungguhan yang sangat luar biasa, ketabahan serta kemampuan yang sangat sempurna (terutama dalam menentukan langkah-langkah apa saja yang kelak akan ditempuh perdetiknya guna mewujudkan setiap impian besar dan gilanya itu) yang pada akhirnya mampu menjadikan sang pemilik kecerdasan aspirasi sebagai sosok yang mampu memenuhi seluruh harapan serta ekspektasi waktu dalam pencapaian target-targetnya itu."


Maka Inilah Contoh Kata-kata Inspiratif Para Tokoh Pemilik Kecerdasan Impian

1. “I want to be an USA President at 50 years." (ini adalah pernyataan yang terlontar dari bibir Anthony Robins –seorang “the most motivational coach in the world.”)

2. “Saya ini adalah manusia yang memilki keinginan sederhana namun kuat, BAHWA SAYA INGIN KELAK SUATU HARI NANTI DI BATU NISSAN SAYA AKAN TERTULIS : -Telah dimakamkan disini “the most marketing contributor in the world.” (ini adalah sebuah pernyataan Hermawan Kerjatajaya dalam sebuah seminar bertajuk “Marketing (yourself) in Venus” di kampus UI.)

3. “Saya Bangga menjadi anak Indonesia dengan cara MENJADI KEBANGGAAN INDONESIA.”(Andreas Harefa –pendiri dan pengelola “Indonesia School Of Life” dan salah satu “pemrakarsa visi anak bangsa Indonesia tahun 2045 dalam www.pembelajar.com)

sumber :

1. http://banyubiru3prast.wordpress.com/2011/06/04/mengembangkan-kecerdasan-logika-pada-anak/
2. http://seratdakwah.blogspot.com/2011/12/power-of-dream-ringkasan-buku-karya.html
3. Buku The Power Of Dream karya Danang A. Akbarona
4. Buku Kecerdasan Milyuner

0 komentar:

Posting Komentar