Sabtu, 25 Februari 2012

Our Greatest Dreams

Oleh :
Fuad Suyatman (Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman)
The Most Productive Blogger of The Year versi majalah Luarbiasa 2012-2022
The Inspirational Blogger of The Year versi versi Majels 2012-2022
The Richest Blogger of the Year versi Forbes Magazines 2013-2015




"The most beautiful dreams is not only a dream which can make us feel in better when we wake up in the morning. The most beautiful dream is a dream which can make the dreamer (like us) getting their greatest power to change this world to be the nicest place."

Artinya?

"Mimpi yang paling indah tidaklah hanya suatu mimpi yang dapat membuat kita merasakan lebih baik ketika kita berjaga/bangun pagi-pagi. Mimpi yang paling indah adalah suatu mimpi yang dapat membuat pemimpi itu seperti memiliki kuasa/ tenaga yang terbesar untuk merubah dunia ini menjadi tempat yang paling baik."


(Fuad Suyatman said. Sumpah ini kata-kata ala gue)

Berangkat dari kata-kata gue nan ajaib hasil petualangan gue seharian kemaren (ampe jam 2 pagi, seddap kan?), gue kemudian memutuskan buat nulis tulisan ini. Dalam waktu satu atau dua minggu terakhir dimane gue makin asyik gaul sama penguasa Indonesia 2020 (I mean: sobat KRAB)? Gue sendiri selalu mensugesti diri gue begini :

“Your great world in your future can be realized when you still keep your spirit to do your hobby with your craziest way. Because from your great passion? You'll get anything. I'm sure about it.." (Fuad Hasan P. Salman a.k.a Fuad Suyatman)

(dunia terbaikmu dimasa depan pasti akan terealisasi manakala kamu selalu menjaga semangatmu dalam melakukan hobimu dengan jalan tergilamu)”. Makanya, kalo dulu gue adalah blogger tipe copaster? Sekarang? Walo kadang masih kayak gitu, gue pun mengimbanginya dengan menulis banyak hal dikala gue lagi dalam keadaan normal (alias kagak sengkleh).

Hasilnya? Alhamdulillah (siswanto banget!!), nama gue di dunia maya udah cukup terkenal (hahahahhaaha…..amiiiin….). Buktinya? Yeah, gue rasa buat facebookers beraliran positip yang ada di solo dan sekitarnya? Jarang banget deh yang gak kenal sama nama Fuad Suyatman. Widdiiih..songong? eits, ini bukan songong. Cuma keyakinan berlebihan aje,hehehehe (ya eyalah, gue kan nge-share tulisan mulu di facebook!!).

But kenapa gue segila ini? Sekali lagi : ini karena gue yakin kalo gue udah punya mimpi yang menggerakkan.



MIMPI TERBAIK ADALAH MIMPI YANG MENGGERAKKAN


BERMIMPILAH... Semoga Kita di Gerakkan oleh Tuhan Untuk Melesat Bersama Impian Kita!!


Menurut buku yang pernah gue baca, mimpi terbaik itu salah satu cirinya adalah bisa menggerakkan sang pemimpi kea rah yang positip. Sebuah mimpi dikatakan mampu untuk menjadi penentu dan sekaligus sebagai sebuah langkah awal menuju kesuksesan manakala kita sebagai sosok pemimpi dapat merasakan adanya dorongan motivasi yang berlipat-lipat manakala kita kembali mengingat mimpi kita itu.

Dan masih soal mimpi? Menurut buku itu juga, mimpi yang dapat dikategorikan sebagai mimpi terbaik adalah mimpi yang memiliki ciri sebagai berikut :

1.Mimpi tersebut merupakan mimpi yang memiliki kesan dan kekuatan luar biasa bagi pemimpinya,

2.Mimpi tersebut merupakan mimpi yang mampu meningkatkan kekuatan dan energi positip pemimpinya

3.Mimpi tersebut juga mampu membangkitkan hasrat dan motivasi pemimpinya untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik

4.Mimpi tersebut mampu meledakkan hasrat, ambisi, motivasi dan antusiasme pemimpinya yang mampu melesat jauh lebih tinggi setelah tercetusnya impian itu

5.Mimpi tersebut mampu mendorong pemimpinya untuk lebih berani membuka gembok-gembok kemajuan secara lebih serius


And kalo mimpi-mimpi loe (gue dan kita) udah memiliki lima cirri di atas, so? Berarti loe emang bukan orang sembarangan. Kenapa? Karena loe pun bisa sejajar sama Albert Einstein, yang dengan mimpinya (yang bercirikan lima unsure diatas itu), do’I mampu jadi tokoh terhebat abad ini. Apa mungkin?

Kalo ditanya gitu? Selama loe konsisten sama impian loe? Insya Allah itu … Sangat mungkin! Kenapa? Karena menurut penulis buku-buku kecerdasan impian yang bukunya pernah gue baca, Mimpi yang menggerakkan memiliki keterkaitan erat dengan motivasi pemimpinya dalam meraih prestasi. Impian yang demikian ini oleh David Mc Clealand disebut need for acievement (n-ach).

Lha, dalam kaitan antara mimpi, motivasi sampai dengan kelahiran sebuah prestasi maka kita bisa menggunakan kerangka hierarki kebutuhan sebagaimana yang digagas oleh pakar psikologi bernama Abraham Maslow dan pembagian tipe manusia berdasarkan teori Adversity Quotient (AQ) atau Kecerdasan mental (ketangguhan) sebagaimana yang dipakai oleh pakar kepribadian bernama Paul G. Stoltz untuk mengidentifikasi mimpi-mimpi yang menggerakkan.

Menurut Maslow : Ada lima tingkatan kebutuhan yang emang dimiliki oleh setiap manusia, yaitu :

1.Kebutuhan fisiologis :
merupakan kebutuhan manusia yang menempati lapis paling dasar yang mencakup kebutuhan sandang, pangan dan papan.

2.Kebutuhan akan rasa aman : merupakan kebutuhan yang berada satu tingkat diatas kebutuhan dasar.

3.Kebutuhan akan adanya rasa ingin memiliki dan dimiliki/disayangi : merupakan kebutuhan tingkat menengah yang harus dipenuhi pula agar tercipta kehidupan yang ideal.

4.Kebutuhan akan penghargaan : merupakan kebutuhan yang derajatnya setingkat dibawah kebutuhan tertinggi. Kebutuhan ini memiliki derajat yang cukup tinggi dikarenakan pada dasarnya manusia merupakan makhluk yang ingin dihargai setiap jerih payahnya sehingga sebuah penghargaan dari pihak lain adalah sebuah kebutuhan yang memiliki urgensi yang juga sangat penting.

5.Dan kebutuhan terakhir manusia yang berada pada derajat tertinggi adalah : kebutuhan akan aktualisasi diri. Terkait dengan sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial yang juga memerlukan adanya penghargaan dari orang lain maka kebutuhan aktualisasi diri pada dasarnya adalah bukti bahwa manusia merupakan kombinasi sempurna antara makhluk pribadi ( yang butuh dihargai kebebasannya) juga makhluk sosial (yang sangat membutuhkan wahana aktualisasi dan penyaluran kemampuannya untuk masyarakat) sehingga karena alasan inilah maka kebutuhan aktualisasi diri merupakan kebutuhan manusia yang memiliki derajat yang tinggi

Karena adanya kelima hal di ataslah kemudian manusia dianjurkan buat terus mengikuti kata hatinya (seddaap…!!) terutama jika itu menyangkut perjalanan impian yang dipunyainya supaya nanti impian itu bukan hanya jadi impian kosong semata melainkan akan berubah jadi impian yang menggerakkan.

Impian yang menggerakkan sendiri memiliki makna betapa mimpi itu mampu membawa pemimpinya untuk sampai pada tataran peningkatan besar-besaran daya motivasi untuk memenuhi kebutuhan tertinggi manusia yaitu : aktualisasi diri.

Sebab pengertian dari mimpi yang menggerakkan sendiri (jika mengacu penjelasan awal tadi) adalah mimpi yang juga memiliki daya kemampuan untuk mendorong pemimpi memenuhi bahkan melebihi dan melampaui kemampuan pemenuhan kebutuhan dasar.

Adapun keberhasilan dalam pengekspresian mimpi yang menggerakkan akan membawa pemimpi –bukan saja sampai pada pemenuhan materi-materi dengan kualitas standar melainkan sebuah imajinasi tertinggi yang mampu membawa para pemimpi menuju pada pemenuhan kebutuhan dan materi pada tataran tertinggi bahkan mampu menjadikan pemimpinya berada dalam sebuah kebebasan finansial dan waktu serta kebebasan pemimpi itu untuk melakukan apapun yang ia kehendaki.

Akhirnya?


"The greatest dream is not to support the dreamer to get much of material but the greatest dream is an imagination on the top level which can make the dreamer become a people who was in the financial freedom area –the area which can give the guarantee to all of the people that they can do aniything that they want to do."
Untuk yang terakir ne? artiin sendiri ya? Hahhahahay……..

Sumber :

1. Buku The Power of Dreams nya Danar A. Akbarona dan
2. Buku Kecerdasan Milyuner

0 komentar:

Posting Komentar