Rabu, 29 Februari 2012

YANG BIKIN KITA JADI SOSOK SUPERBOROS SAAT BELANJA (dilengkapi adab belanja yang bisa menghemat pengeluaran)

Di Tulis kembali Oleh :
Fuad Suyatman (Fuad Hasan P. Salman bin Suyatman)
The Craziest and The Most Productive Blogger sekaligus juga
Praktisi Hypnosis solo binaan Ztrongmind -Sebuah Organisasi Hypnosis yang tengah Booming di Blora dan Kota asal Mobil Esemka,Solo


Berbelanja ke supermarket sudah jadi kebutuhan rutin keluarga. Kegiatan sering menjadi kegiatan yang memakan banyak waktu serta uang. Banyaknya barang yang ditata apik, iming-iming diskon dan bonus membuat mudah tergiur untuk belanja berlebihan.

Buat mereka yang sibuk, atau sedang berdiet, berbelanja ke supermarket seringkali merepotkan. Apalagi jika tak punya rencana atau persiapan yang baik. Hasilnya, barang belanjaan sering tak sesuai dengan yang diperlukan. Belum lagi anggaran jadi berlebih. Karena itu cobalah buang kebiasaan buruk saat belanja ini agar belanja jadi lebih efisien dan menyehatkan.

1.Malas membuat daftar belanja

Membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket adalah hal penting. Dengan begitu, Anda sudah tahu barang apa saja yang akan dibeli tanpa harus mereka-reka lagi. Kebiasaan berputar-putar mengelilingi seisi supermarket untuk mencari barang juga menyita waktu. Bagi daftar belanja sesuai jenisnya. Belanjalah bahan-bahan kering dan terakhir barang segar.

2.Tidak membuat daftar menu

Agar tak bingung mau berbelanja apa saja, buat dulu daftar menu masakan untuk seminggu. Dengan begitu, bahan makanan dibeli berdasarkan kebutuhan. Daftar menu juga membantu agar tak ada bahan makanan yang lupa dibeli. Membuat daftar menu bisa membantu agar tak kehilangan ide saat memasak.

3.Pergi dalam keadaan lapar

Pergi ke supermarket dengan perut kosong sangat mempengaruhi belanjaan. Saat perut lapar, bayangan makanan membuat Anda akan mengambil barang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Pada akhirnya, perut yang lapar membuat Anda lapar mata dan mempengaruhi diet dan juga isi dompet Anda.

4.Membeli tidak pada musimnya

Sejumlah buah dan sayuran memiliki masa panen. Buah-buahan seperti alpukat, durian dan jeruk yang dijual diluar musim umumnya dihargai lebih mahal. Selain itu, rasanya pun tidak sesegar saat masa panen. Sebaliknya, jika membeli sesuai musimnya, harga akan lebih murah dan rasa serta kesegarannya terjamin.

Sumber : http://food.detik.com/read/2012/02/29/104634/1854287/297/5/

0 komentar:

Posting Komentar